Yuk Intip Keseruan Blogspedia Coaching!

25 comments

Yuk-Intip-Keseruan-Blogspedia-Coaching-!


Aloha Sobat Sajian Kira :D! Tak terasa kami akan mengakhiri kelas blogger terasik sepanjang sejarah, Blogspedia Coaching. Ada rasa sedih, senang, terharu untuk bisa sampai di titik ini dengan segala perjuangan. Baik perjuangan mentornya, Kak Marita dan para penghuni terakhir Blogspedia Coaching khususnya Batch 2.

Eh, kelupaan intro, udah pada tahu kan Blogspedia Coaching?
Kuy aku bisikin, siapa tau ada yang kepengin ikutan di next kelasnya :D!

1. Yuk Intip Keseruan Blogspedia Coaching!

Blogspedia-Coaching


a. Kilas Blogspedia Coaching

Blogspedia merupakan wadah bagi para bloger cupu (sampai sekarang saya pribadi masih cupu btw :’) ) untuk mengasah kemampuan dan komitmen dalam bidang blog. Ya, media pembelajaran di sini menggunakan blogspot dengan alasan media ini lebih murah dan mudah digunakan oleh banyak kalangan.

Blogspedia Coaching menggunakan media pembelajaran whatsapp group dan pengumpulan tugas menggunakan google classroom. Begitu juga dengan sharing materi melalui google classroom juga dengan rujukan di website Blogspedia langsung.

Oiya, kelas ini berlangsung sekitar 3 bulan dari bulan Juni sampai Agustus 2021. Sedikit contekan dari materi yang kemarin diberikan adalah sebagai berikut :

1) Kemampuan Dasar & Adab Blogger 
2) Kenalan dengan Beragam Niche Blog & Istilah-istilah Blogging
3) Membuat Blog di Blogspot
4) Kenalan dengan Dashboard Blogspot & Segala Fiturnya 
5) Memahami Fitur Postingan di Blogspot, Tujuan: Punya kemampuan dasar untuk posting artikel (bisa masukin gambar, masukin link, label, dsb)
6) Membuat & Memunculkan Page About Me di Blogspot 
7) Membuat & Memunculkan Page Sitemap di Blogspot 
8) Membeli dan Memasang Custom Domain di Blognya 
9) Mengenal Basic SEO (TLD-kan Blognya masing-masing) 
10) Belajar Teknis Menulis Artikel SEO Sederhana 
11) Story Telling & Basic Copy Writing 
12) Menulis Artikel Ulasan Produk 
13) Menulis Artikel Perjalanan/ Review Tempat Wisata 
14) Menulis Artikel How To/ Tips 
15) Menulis Artikel Kuliner 
16) Menulis Artikel Ulasan Event 
17) Permak Tampilan Blog Sederhana (menata template pakai bawaan blogspot, tapi tetap cantik dan enak dilihat).
18) Bikin Infografis dan Header Sederhana Pakai Canva (bikin header blog, bikin artikel dengan infografis bikinan sendiri).
19) Permak Tampilan Blog Lanjutan, Goal: Bisa Ganti Template pakai Template Gratisan (ganti template Pakai Fiksioner).
20) Personal Branding for Blogger (Edit Bio Medsos, Bikin Artikel Manfaat Branding untuk Blogger & Blogwalking).
21) Peluang Job untuk Blogger & Membuat Content Plan 
22) Tugas Akhir (ODOP selama 7 Hari).
23) Selebrasi (Jumpa di Google Meet. Jika berhasil hingga ke titik ini, akan dapat 2 Materi Bonus – Google Analytics dan Google Search Console).

Ada juga persiapan sebelum memulai kelas ini selain niat dan komitmen, yakni ada : 
1) Berakal sehat dan memiliki jantung yang kuat.
2) Berkeinginan kuat untuk menjadi seorang blogger.
3) Bersedia mengikuti norma-norma yang berlaku, tidak sambat, tidak baper dan tidak pundung.
4) Bersedia mengerjakan tugas tepat waktu. Telat setor 1 detik, auto kick dari kelas.
5) Syarat mengikuti sesi berikutnya: mengerjakan tugas dengan benar dan tepat waktu.
6) Aktif di kelas, jangan tunggu ditanyain. Kalau perlu tanya dulu sebelum ada materi, wkwk.
7) Siap-siap bermata panda karena mungkin jam tidur akan berkurang.
8) Siap-siap amunisi skincare-nya ditambah karena mungkin kerutan di kening jadi berlipat, sebab terlalu sering berkernyit.
9) Siap-siap panadol, combantrin, bakso, mie ayam, kopi… dan segala macam alat bantu untuk membuat tetap segar dan bersemangat.
10) Materi insya Allah akan dishare via Google Classroom di pagi/ siang hari, sementara diskusi akan berlangsung pada 20.00 - 21.30.
11) Untuk beberapa materi, ada yang tidak bisa dikerjakan dari HP, khususnya saat belajar menata template. Jadi bisa dipersiapkan laptop, boleh pinjam teman, saudara, atau ke warnet sebentar.
12) Minta izin kepada pasangan, anak atau keluarga bahwa kemungkinan akan tambah sibuk dalam jangka waktu tiga bulan ke depan. Minta ridho pasangan, anak dan keluarga ya, biar belajarnya tenang dan berkah.

Gimana? Kalau niat dan komitmen dari awal untuk mengikuti kelas ini tentunya akan diberi kemudahan dalam menjalani. Kurangi melihat yang tidak bisa dikendalikan, cukup fokus pada diri bahwa bisa dan mampu melewati. Dan tarrraaaa here we are :D!

b. Alasan Mengikuti Blogspedia Coaching

For some reasons, saya pribadi sebenarnya iseng mengikuti kelas ini. Pandemi ini semakin membuat saya kebingungan harus membuang energi kemana, membuang esmosi dalam bentuk apa (esmosi wkw). Saya sudah mencurahkan lewat menulis di beberapa karya, tapi feelnya belum dapat, kurang greget atau kurang gula dan garam.

Tiba-tiba ada salah satu teman di sebuah Komunitas Menulis yang saya ikuti, beliau adalah Kak Junitha Hornet, beliau hanya menawarkan di grup dan detik itu juga saya berikrar, “Dahlah ngeblog aja”. Sebelum benar-benar mantep, saya meyakinkan diri karena teringat salah satu ucapan teman yang mengatakan bahwa, “Kenapa kamu nggak jadi blogger aja, atau vloger juga boleh. Kamu berbakat loh kalau kamu liat dalam dirimu sendiri”. 

*Dengggg!

Dari situ saya langsung belok kiri riting kanan (ehe) balik ke food and baverage, dunia yang membesarkan saya selama saya kuliah sampai saat ini (uhu).

Dah kan tuh saya mengikuti semua kelasnya dari awal-awal masih semangat terlebih Coach Marita ini orangnya tipikal dosen yang saya sukai untuk ditimba ilmunya, tegas, disiplin, penuh wibawa dan menjunjung komitmen. 

Nah, di pertengahan masa belajar, saya tepar seminggu setelah disuntik vaksin. Namun, saya harus kuat untuk mengerjakan tugas sekaligus bekerja. Saat itu kantor masih diperbolehkan buka. Materi kala itu cukup rumit tapi sebisa mungkin harus berjalan, harus. Singkat cerita saya sering banget kirim tugas mepet dateline dan isi konten acak-acakan (maafkeun daku Coach Marita huhu). Menurut saya itu titik terberat sih selama mengikuti kelas ini. Aha, tapi sudah saya lalui sampai detik ini (memuji diri sendiri, ehe).

Jujur ketika saya melihat ke belakang, saya ingin berbangga diri, melihat saya dulu yang  ya begitulah dan sekarang agak lumayan (ehe). Bahkan suami juga sempat memuji bahwa lumayan juga selama wfh menunggu kantor buka ada hasilnya yang bisa dibanggakan. Woiyaa jelas saya pribadi bangga banget pakai nama sajiankira.com sampai-sampai idealis ingin bekerja sama dengan pemda (ngimpi dulu gapapa lah ya :D).

Namun, semua itu nggak ada artinya kalau selama 3 bulan sebelum ini saya nggak ambil kesempatan yang ditawarkan Kak Junitha, kesempatan baru yang dibuka oleh Kak Marita. Saya nggak ada apa-apanya kalau tanpa mereka yang membuka pintu untuk saya. 

2. Sosok di Balik Blogspedia, Coach Marita Ningtyas

Coach-Marita-bersama-keluarganya


Di balik suatu karya yang indah, pastilah ada tangan masterpiece di sana. Yak, di balik sukesnya Blogspedia Coaching ada Coach Marita Ningtyas dan Coach Martin, pasangan suami istri yang mesra dan kompak ini.

Coach Marita sendiri merupakan salah satu sosok perempuan  yang sangat menginspirasi bagi saya. Melalui kesabaran, kedisiplinan, dan komitmen berjuangnya, saya menjadi tersihir dengan semangatnya. Beliau komitmen pada dirinya sendiri, membuat jadwal content planning tiap waktunya. Beliau juga sibuk mengurus rumah tangga domestik. Wow, bisa bayangkan sebesar apa tangannya dan selebar apa sabarnya.

Saya nggak bisa bicara banyak tentang Coach Marita, karena bagi saya beliau adalah guru yang harus saya hormati. 

Oiya Coach Marita, saya minta maaf ya kalau selama di kelas saya cenderung pasif karena model belajar saya seperti kaset. Cuma bisa diam mendengar sampai selesai baru memproses. 

Sekali lagi, Coach Marita Ningtyas ini betul-betul mendedikasikan waktunya untuk mengajari kami, para cupuers blogger dengan free. Bisa dibayangkan free loh. Jadi, menurut saya sih buang-buang kesempatan jika tidak mengikuti materi dengan baik dan menerapkan sebaik mungkin. Sungguh amal jariyah yang tiada terputus bagi Coach Marita Ningtyas :D. Semoga Coach Marita sekeluarga selalu dilimpahkan sehat dan murah rezeki, aamiin Yaa Raab .

3. Penutup

Dengan mengikuti Blogspedia Coaching yang free ini, saya lebih termotivasi terlebih untuk terus berkarya dan bisa bermanfaat untuk sesama serta negara.

Menurut saya pribadi, lebih baik kita menchallenge diri kita, setiap hari kalau bisa. Fungsinya agar terus bertumbuh dan berkembang. Mengutip dari salah satu lirik lagu Korea yang saya dengar, “Bintang bersinar paling terang saat di malam tergelap”. Mengikrarkan diri sebagai blogger yang dibantu oleh Coach Marita dan disemangati oleh ambisi para teman-teman Blogspedia Coaching Batch 2 membuat saya berpikiran bahwa saya (bintang itu) harus bersinar meski di masa-masa tersuram saya, sekarang.

Blogspedia-Coaching-Class-2



Yak udah selesai nih segmen yuk intip keseruan Blogspedia Coaching  :D! Semoga sedikit menghibur dan bisa menjadi referensi bagi kegalauan para calon penerus kelas Blogspedia Coaching selanjutnya. Terserah kelasnya apa atau misal materinya siapa yang penting nawaitu ya, niat dan komitmen :D!
Salam sayang untuk Coach Marita Ningtyas, dan para alumni Blogspedia Coaching Batch 2 ada Kak Junitha, Kak Hamimeha, Kak Widya, Kak Iva, Kak Sendy, Kak Manda, Kak Fadmala, Kak Yunita, Kak Windi, Kak Nurita, Bunda Dina, Kak Palupi, Kak Naqi, Kak Ilma, Kak Mairoza, Kak Zulmi, Kak Mya, Kak Maftuha, Kak Dita, Kak Fitri Rahmah, Pak Taufiq, Pak Sugianto, Pak Hamdan, Kak Aenul, Kak Ulfah. (Semoga nggak kurang nyebut personil di grup, ehe xoxo)

Sampai bertemu di lain kesempatan ya :D! Semoga sehat-sehat dan bahagia selalu :D!


Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

25 comments

  1. Masya Allah, terhura melihat ada namaku di sebutkan. Makasih mb udah jadi teman baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kembali kasih Pak Sugianto, seneng bisa bersua di grup :D
      terima kasih sudah mampir Pak :D

      Delete
  2. Masyaa Allah disebut semua personilnya mba^^
    .
    Terharu nih diriku membaca tulisannya.. Aku termasuk pasif di grup jg nih mba, tapi semangat teman" mengalir kediriku.. Wkwkk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe, iya Mom, soalnya aku terkesan jadi sambil diinget-inget namanya :D
      iya mom sama, rasanya kalo masuk kelas ambis jadi nyetrum ke diri sendiri gitu :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Fadmala :D

      Delete
  3. Ah aku pinisirin ntar ketemu di gmeet kita mba... Alhamdulillah namaku disebut juga ya Allah dia inget nama semua anggota group.. Hebat deh kamu mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkw.. pinisirin kinipi Mom :D
      Mom Yunita juga hebat dengan segudang aktivitasnya, sehat selalu Mom :D terima kasih sudah berkunjung :D

      Delete
  4. Mudah mudahan bisa bertemu di waktu dan tempat yang nyata ...
    Terima kasih juga buat semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoshh iya Pak Hamdan ,aamiin :D
      terima kasih sudah berkunjung :D

      Delete
  5. tos kita mb! tim pasif club. karena kadang saat diskusi anak belum tidur jadinya manjat deh heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi Mom Sendy sering nongol sedangkan aku cuma manjat-manjat chat mulu wkw :D tapi gapapalah, seenggaknya domestik dan nyari ilmu tetep jalan ye mom :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Sendy :D

      Delete
  6. Btw, habis berapa Panadol jadinya mb. Wkwk. Duh akhirnya selesai kelas. Tinggal tunggu pengumuman

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak terhingga, Pak, dari RS sampai ditambah paracetamol lagi :'D. Alhamdulillah sekarang jadi lebih sehat berkat vaksin, padahal tadinya ada rasa uring-uringan ehe :D
      terima kasih sudah mampir Pak Sugianto :D

      Delete
  7. Sampai ketemu di Gmeet yaa insya Allah.. kira2 kalau ketemu bakal ramai atau malah saling pandang2an aja ya, wwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Coach Marita :D,
      wah kayaknya saling pandang aja coach, karena biasanya nge-lag sinyal di daerah saya :D ehe.. terima kasih sudah mampir Coach super kami, Kak Marita :D

      Delete
  8. Kok kayaknya asik?? Wahh jadi tertarik, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuy ikutan di tahun berikutnya kak :D
      btw terima kasih telah berkunjung :D

      Delete
  9. Wahhh mashaAllah keren dan seru banget mbak. Gimana caranya buat ikutan? Mau dong? Adakah batch selanjutnya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ada kak, mugkin tahun depan ehehe .. :D terima kasih sudah berkunjung Kak Rika :D

      Delete
  10. Wah jadi mupeng nih, liat review kelas blogspedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuy ikutan kak Lyla :D
      terima kasih sudah mampir Kak :D

      Delete
  11. Pengin ikutan juga tapi yang ODOP9 ini belum kelar yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih gapapa, sabar dulu sampe tahun depan pas buka kelas :D terima kasih sudah mampir kak :D

      Delete
  12. Materinya wow sekali. Menarik... Langsung cari infonya lagi, ah.. 😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuy kak, :D terima kasih sudah mampir Kak Dewi :D

      Delete
  13. Kelas ini bener² merubah banyak hal dalam hidupku. Seneng bgt kita bisa belajar bareng disini ya mbak

    ReplyDelete

Post a Comment