Pentingnya Content Plan

16 comments
Pentingnya-content-plan-bagi-blogger



Memiliki aktivitas baru sebagai blogger tentunya tetap tidak bisa melepas kewajiban aktivitas lainnya. Diperlukan sebuah media sebagai alat bantu untuk menyiapkan segala kesibukan. Muncullah ide untuk membuat skedul bagi yang memiliki segudang kesibukan, content plan. Apa sih content plan dan apa saja pentingnya content plan bagi blogger?

Let’s jump to the article :D!

A. Definisi Content Plan dan Perbedaan dengan Content Strategy

Perlu digaris bawahi dulu bahwa content plan dan content strategy ini akan diterapkan dalam platform blog, ya.

Secara singkat sesuai dengan dua kata itu, makna dari content plan adalah serentetan rencana konten atau materi yang akan dikembangkan dalam durasi waktu tertentu, bisa harian (daily), mingguan (weekly), bulanan (monthly), dan bahkan tahunan (yearly). 

Hal awal yang harus dilakukan adalah meniatkan agar content plan ini bisa tercapa atau berjalan sesuai skedul, meski akan ada aral melintang yang menjadi penghambat, tapi sebisa mungkin keep istiqomah on the track ya.

Ada lagi yang disebut Content Strategy.
Content Strategy berarti strategi yang dilancarkan melalui gambaran beberapa tahap yang berfungsi sebagai penunjang content plan.

Dalam content strategy dibutuhkan beberapa poin seperti berikut :
• Jenis atau tema kontennya = sebisa mungkin mengikuti kalender umum, semisal ada perayaan tertentu agar konten bisa ter-up dengan baik dan sesuai situasi kondisi.
• Tujuan konten 
• Sasaran atau audiens konten 
• Media apa yang akan digunakan untuk mengupgrade konten dari blog = bisa melalui youtube, instagram, facebook, whatsapp, telegram, dan lain sebagainya.

Jadi, antara content plan dan content strategy seperti menyatu, jika dipisahkan mungkin sedikit mengganggu kelancaran jadwal tayang, ehehe.

B. Pentingnya Content Plan

Manfaat terbesar dari membuat content plan adalah pengefisienan kerja, karena semua sudah terjadwalkan dan dihitung dengan matang. Meskipun tidak menampik akan ditemukan beberapa bagian perubahan skedul karena situasi dan kondisi mendesak. Namun, ada lho manfaat lain dari membuat content plan ini yang menjadikannya termasuk kategori penting, yaitu :

1. Menambah semangat konsisten dalam jadwal tayang konten

Dengan content plan yang sudah dibuat tentunya menambah semangat untuk terus membuat konten. Apalagi jika sudah dijabarkan berikut dengan content strategynya.

2. Mempermudah penyeimbangan tiap materi konten

Content plan dibuat dengan membayangkan beberapa waktu ke depan. Hal ini juga berfungsi sebagai titik tolak ukur tiap materi yang diberikan agar saling seimbang dan mengurangi cenderung kebosanan. Dengan content plan jadi mempermudah penjadwalan kapan materi yang berisi sedikit serius dan santai. 

3. Memudahkan dalam pencarian  isi konten

Ketika sudah terjadwalkan, maka bisa menggunakan keyword yang telah ditentukan. Hal ini mempermudah pencarian materi pendukung tanpa bingung dengan kata kunci.

4. Menyediakan konten yang digemari

Para readers blog tentunya memiliki kesenangan dalam menjelajah konten-konten yang ada. Dengan menggunakan keyword search akan mempermudah menemukannya sehingga bisa membantu content plan dibuat.
Content plan juga bisa dibuat berdasar kalender orang pada umumnya seperti hari raya besar. Hal ini tentunya akan menjadi cara mudah untuk membuat plot-plot konten berdasar hari-hari tertentu itu. Harapannya konten bisa lebih ramai dikunjungi dengan menyesuaikan situasi dan kondisi.

5. Meminimalisir burn out

Terkadang para content creator sering mengeluhkan terjadinya burn out atau kehabisan ide. Bisa saja terjadi karena tidak menggunakan content plan, sehingga merasa kebingungan harus up konten apa lagi. Dengan adanya content plan akan meminimalisir terjadinya burn out karena semua sudah terjadwalkan bahkan sudah ada content strategynya.

6. Mengefisienkan tenaga dan waktu

Dengan dibuatnya content plan tentunya tenaga yang dibutuhkan sudah disiapkan sejak awal. Hal ini dapat mengurangi pemborosan tenaga dan waktu. Semua menjadi lebih terstruktur dan terarah. Waktu pengolahan materi konten juga menjadi lebih efisien. Dibanding harus membuang waktu untuk tenggalam dalam kebingungan, yeah.

C. Aplikasi Content Plan pada Blog

Cara pembuatan content plan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun, ada beberapa saran yang mungkin bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan content plan.

 Manual = menuliskan content plan di dalam sebuah buku saku kecil yang sering dibawa. Harapannya setiap mendapat ide bisa langusng tercatat dan di saat fokus membuat content plan berdasar waktu tertentu, ide tersebut bisa langsung dituangkan. 
Kelebihan lain dengan metode manual adalah bisa menambahkan beberapa kreasi pernak pernik dengan goresan tangan di sudut kertas yang mampu berperan sebagai penghilang kejenuhan.

• Printable/freebies = mirip dengan manual tapi yang membedakan adalah templatenya sudah disediakan di internet. 
Tinggal browsing template yang diinginkan lalu di print out dan diterapkan pada content plan. 
Pilihannya variatif juga tergantung selera. Tinggal pilih dan pakai. Beres deh.

• Digital = membuat content plain dengan aplikasi digital yakni worksheet pada excel. Banyaknya kolom dan variatif menu tentunya lebih membuka lebar potensi kreasi content plan yang akan dibuat. 
Bisa menambahkan kolom sebanyak mungkin (tentunya tak akan sebanyak total kolom di excel kan ya, ehe) dan menambahkan kreasi gambar bahkan warna tertentu. 
Jika salah dan perlu revisi tinggal delete dan ganti, atau bahkan bisa insert. 
Menurut saya ini yang paling efisien sih, ehe. Tentunya dengan media yang mumpuni ya, kalau pas laptop atau netbook atau macbooknya eror ya wasalam deh. Namun, bisa diatasi dengan mengopinya di media penyimpan eksternal lain, memback up data-data pentingnya.

Nah, kali ini dapat challenge dari Blogspedia untuk menuliskan apa rencana ke depannya dengan memasukkan content plan. Hmm–.

1. Content Plan dalam Blog Sajian Kira

Sajian Kira sedang berusaha keras untuk konsisten di nieche-nya dengan kondisi pandemi seperti ini. Beberapa materi konten tidak bisa didapat secara langsung dengan berkunjung atau bertatap muka, hanya bisa dilakukan secara online. Namun, tidak menyurutkan semangat untuk menyebar manfaat bagi para UMKM tentunya.

2. Planing for next year, tahun 2022

Tahun 2021 pertengahan merupakan tahun baru bagi lahirnya Sajian Kira. Umurnya masih belum ada 3 bulan, istilahnya masih kinyis-kinyis. Namun, harapan dari awal terbentuknya Sajian Kira ini masih sama dan semoga bisa bertumbuh dan berkembang ke arah yang lebih besar serta bermanfaat di tahun 2022 besok.

yearly-content-plan-blog



Sekilas planning tahun 2022 tidak bisa muluk-muluk sih. Selain diberi kesehatan dan kelancaran rezeki, tentunya berharap sekali bahwa Sajian Kira lebih dikenal masyarakat sebagai salah satu pemberi manfaat. 

3. Weekly Planning

Selama beberapa waktu ke depan, Sajian Kira akan mengikuti challenge ODOP atau One Day One Post selama 6 hari terhitung dari tanggal 30 Agustus – 4 September 2021. Harapannya sih keep on the track ya, hiks.

weekly-content-plan-blog



Content plan membuat kerja lebih efisien dari segi tenaga dan waktu. Terlebih jika ditambah dengan content strategy akan menjadi perpaduan yang oke.
Itulah poin-poin dari pentingnya content plan yang akan memudahkan para blogger maupun content creator. 
Jadi, menurut sobat Sajian Kira, ada tambahan lain untuk pentingnya content plan bagi blogger? Boleh tambahkan di kolom komentar ya :D.  


Sumber :
https://www.blogspedia.my.id/2021/07/apa-itu-blog-plan.html
https://accurate.id/marketing-manajemen/cara-membuat-content-plan-yang-jelas-agar-konten-makin-maksimal/
https://www.canva.com/ 

Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.

Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

16 comments

  1. Wah iya ya ada content plan dan content strategy.

    Wah kenpa baru kepikiran masya Allah mantul ..bakal jadi referensi nih hihihi.

    Buat intip perihal masak memasak, perdapuran hahaa

    Usianya belum masuk MPASI ya mbak tapi udah kece. BarokallohπŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. eheh, Mpasi Mom :D wkwk, aamiin terima kasih sudah mampir Mom Hamim :D

      Delete
  2. penasaran sama dawet ayu dan dawet ireng. apakah cerita mereka sama dengan beauty and the beast??? heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. huekekek, iya mom kurang lebih begitu, nanti mereka berdansa diguyuran kuah santan dingin dan gula jawa , duh jadi bayangin :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Sendy :D

      Delete
  3. Pernah nonton berita berapa hari lalu tentang percontohan desa wisata juga kalau ga salah. Wah hebat nie mbak, semangat ya membantu kebangkitan UMKM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom, Alhamdulillah info terbaru masuk 10 besar untuk Desa Wisata,:D
      aamiin terima kasih supportnya Mom Yunita :D terima kasih juga sudah berkunjung :D

      Delete
  4. Sangat khas blog plannya ...bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe, iya Pak, :D
      btw terima kasih sudah mampir Pak Hamdan :D

      Delete
  5. Aku suka dawet ayu mba hahaha waktu tinggal d sumpiuh sering beli

    Semangat semiga content plannya terlaksana ya mabaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah, Mom, hayuk lah aku ajakin dawet di sini, banyak macamnya juga :D
      btw terima kasih Mom Dea sudah mampir :D

      Delete
  6. Keren banget mbak yearly plannya. Semoga lancar dan sesuai harapan ya mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaa Allah, in sya Allah ya Mom :') terima kasih untuk support dan doanya, terima kasih juga sudah mampir Mom Widya :D

      Delete
  7. Ga sabar pengen baca yg pelatihan kuliner. Ternyata kuliner aja ada pelatihannya ya mbak? Aku kira makan2 ajaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mom :D langsung tertarik aku begitu tau ada event ini :D
      tunggu kontennya ya Mom, terima kasih untuk support dan kunjungannya Mom Palupi :D

      Delete
  8. Semoga yearly plannya tercapai ya mba..

    Desa wisata lagi booming ya mbak..
    Disini pun banyak yang bagus2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Yaa Allah, terima kasih supportnya Mom Zulmi :D sukses untuk segala planning kita ya :D
      iya Desa Wisata lagi booming karena lagi dibuat event sama Pemprov setempat :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Zulmi :D

      Delete

Post a Comment