Nikmati Omoni Korean Halal Food, Cukup di Rumah Aja

25 comments
Review-Omoni-Korean-Halal-Food
Omoni Korean Halal Food


Kondisi di rumah aja tapi pengen makan Korean food? Yang udah bersertifikat halal dan rasanya nggak diragukan? Sini Sajian Kira bisikin. Kebetulan banget Sajian Kira lagi review Omoni Korean Halal Food.

Makanan frozen food yang aman di lidah dan kenyang di perut. Bisa banget jadi temen nonton drama Korea dengan cukup di rumah aja. Atau bisa juga buat temen nonton movie video Korean  :D!

Langsung aja yuk review Omoni Korean halal food :D!

1. Omoni Korean Halal Food

a. Kenalan Merknya Dulu Yuk!

Sebelumnya produk ini bernama Mr Tteokbokki lho. Namun, dikarenakan ada nama brand yang sama di daerah Yogya, maka harus diganti. Jadilah sekarang namanya Omoni yang dalam Bahasa Indonesia berarti Ibu.

b. Apasih Omoni itu?

Omoni merupakan merk makanan setengah matang yang berkiblat dengan kuliner dari negara Korea Selatan. Biasa disebut makanan frozen food dan sudah terjamin halal oleh MUI lho.

Variasinya banyak dan rasanya disesuikan dengan lidah orang di Indonesia. 
Hmm, sebanyak apa sih variannya?
Apa rasanya asem juga? Atau puedeesss banget kah? Atau cenderung manis?
Yok scroll biar makin ngiler sama penampakannya :D! 

2. Review Produk Omoni Korean Halal Food

a. Tteokbokki

Sekilas info tentang tteokbokki nih, bahan dasarnya terbuat dari tepung beras atau bisa juga tepung ketan yang dibentuk menjadi tteok dan dinikmati dengan cara direbus bersama saus gochujang yang rasanya pedas, manis, dan sedikit asam. Bentuk tteok bisa bermacam-macam dan beraneka rasanya. 
Tapi untuk ulasan kali ini hanya membahas tteokbokki dulu yak :D. 

Oiya biasanya bentuk tteokbokki itu silinder seperti pilin roti yang sebesar jari. Rasa ttoeknya kenyal dan lembut.

Omoni ini punya produk tteokbokki aneka rasa lho. 
Sayangnya untuk review hanya bisa dilakukan untuk 3 produk aja yaitu Tteokbokki Original, Jjajangmyeon Chicken, dan Odeng Suki. Namun, dari ketiga produk ini saja udah cukup kasih gambaran rasa lah ya :D.

1) Tteokbokki Original

Omoni-Tteokbokki-Original
Sesuai namanya, rasa tteokbokki yang asli tanpa tambahan topping apa pun.
Nah, pas sekali beberapa waktu lalu aku membeli produk ini sebagai bahan icip dan review di blog. 
Sayangnya karena pengambilan foto saat malam hari jadi warnanya kurang merah. Aku mengonsumsinya rame-rame. Karna kami serumah penasaran dengan makanan korean. Psst.. yang lebih penasaran adalah adek-adekku :D!

Kemasan-Omoni-Tteokbokki-Original
Kemasan Omoni Tteokbokki Original


Isi-Omoni-Tteokbokki-Original
Isi Omoni Tteokbokki Original


Omoni-Tteokbokki-Original-yang-Sudah-Dimasak
Omoni Tteokbokki Original yang Sudah Dimasak


Sedikit review dariku :
+ Dari segi bentuknya, tampak normal dengan tteokbokki aslinya.
+ Dari segi rasanya, jauh lebih bisa diterima oleh lidah. Pedasnya (sesungguhnya aku merasakan pedas sekali, hiks ) okelah. Manisnya oke, kekentalan sausnya oke, masamnya pas. Oiya, di foto tampak lebih kental dari pada aslinya karena diberi tambahan telur biar makin gurih dan wangi.
+ Tips nih kalau mengonsumsi ini, baiknya ditambah telur 1 butir aja, dikocok lepas saat bumbu mulai mendidih dan saat akan disajikan diberi topping irisan daun kucay atau daun bawang. Ah wangi dan mantap. Slurupppp :D!
+ Isinya lumayan lah buat serumah yang isinya bertujuh :D. Eh, kan icip-icip doang. Kalau mau dimakan niat ya bisalah untuk 1 atau 2 porsi aja :D! Haha...
+ Harganya terjangkau kisaran tiga puluhan dan rasanya bisa banget diterima lidah :D!

- Di kemasan tetep ada petunjuk “masukkan mozzarellanya”, yaa maaf nih, kan aku pesannya original jadi ya jangan ngarep ada keju mozzarellanya yak :D sedia sendiri ehe. Nah, bisa nih tips lagi tambahin topping keju melted di atas sajian tteokbokki yang panas. Dijamin pasti makin enak :D!

Selebihnya sih uda oke semua :D. Keluargaku juga mengakui rasanya enak. Papaku nyeletuk, “mirip cimol.” “Duh! Ini sepupunya lah, Pa!”:D

2) Tteokbokki Mozzarella

Omoni Tteokbokki Mozzarella
Sesuai namanya tteokbokki mozzarella, penampakannya sama seperti yang original tapi ditambah dengan keju mozzarella. Kali ini sungguh ada keju mozarellanya dan sesuai dengan instruksi di balik kemasan, haha :D. Untuk harga di atasnya harga original.
 

3) Tteokbokki Chicken

Omoni-Tteokbokki-Chicken
Sesuai namanya tteokbokki chicken, penampakannya sama seperti yang original tapi ditambah dengan frozen chicken roll. Untuk harga di atasnya harga original.

4) Tteokbokki Salmon

Omoni Tteokbokki Salmon
Sesuai namanya tteokbokki salmon, penampakannya sama seperti yang original tapi ditambah dengan frozen fillet salmon. Untuk harga lebih mahal dibanding variasi tteokbokki lainnya. Namun, tergantung tempat pembeliannya ya.

5) Smooth Tteok Chicken

Omoni-Smooth-Tteok-Chicken
Tteokbokki yang ini rasa sausnya lebih lembut karena terbuat dari saus smooth, rasanya seperti saus bolognaise, perpaduan saus Korean dengan saus Italian. Jadi, tidak pedas di lidah dan ada tambahan topping mozzarellanya. Oiya tentunya ada isian tambahan frozen chicken slice. Untuk harganya sama dengan Tteokbokki Original. 

6) Smooth Tteok Beef

Omoni-Smooth-Tteok-Beef
Tteokbokki yang ini rasa sausnya lebih lembut karena terbuat dari saus smooth, rasanya seperti saus bolognaise, perpaduan saus Korean dengan saus Italian. Jadi, tidak pedas di lidah dan ada tambahan topping mozzarellanya. Oiya tentunya ada isian tambahan frozen beef slice. Untuk harganya sama dengan Tteokbokki Original. 

b. Jjajangmyeon

Sekilas info, jjajangmyeon itu merupakan mie warna putih atau kuning yang disajikan dengan saus kedelai hitam dan diberi acar pendamping bernama danmuji / lobak cina biasanya berwarna kuning dan rasanya manis-manis ringan.
Makanan ini hasil inovasi dari China maka tidak terkejut dengan acar pendampingnya, lobak cina. 

Cara makanannya pun beragam ada yang tidak suka dicampur ada yang suka dicampur. Macam bubur ayam jadinya deh :D!
Karena Jjajang artinya saus goreng dan myeon artinya mie.
Maka menurutku, kalau dari bentuknya bisa diibaratkan mie goreng ala Indonesia, hehe :D. Atau bisa juga mie ayam ala Indonesia, ahaha :D!
Atau bisa juga bakmi goreng / bakmi nyemek ala Indonesia, :D!
Ah out of topic , maaf !

Produk Omoni yang ini juga banyak variasinya. Aku sempat membelinya sebagai penghilang rasa penasaran :D!

1) Jjajangmyeon Chicken

Omoni-Jjajangmyeon-Chicken
Sesuai namanya, jjajangmyeon chicken ini mie diberi saus pasta kedelai hitam dengan tambahan rasa olahan daging ayam. Di dalamnya juga ada potongan frozen seafoodnya kok. Harganya kurang lebih sama dengan tteobokki original.

Kemasan-Omoni-Jjajangmyeon-Chicken
Kemasan Omoni Jjajangmyeon Chicken


Isi-Omoni-Jjajangmyeon-Chicken
Isi Omoni Jjajangmyeon Chicken


Omoni-Jjajangmyeon-Chicken-yang-sudah-dimasak
Omoni Jjajangmyeon Chicken yang sudah dimasak


Sedikit review dariku :
+ Rasanya enak juga. Saus kedelai hitamnya legit dan gurih. Cocok dengan rasa asli mie yang hambar.
+ Campuran olahan daging ayam frozennya pas dengan sausnya, memberikan rasa seperti mie ayam yang lumayan mirip tapi tidak serupa.

- Mienya menggunakan mie kuning gepeng/pipih. Setauku, seharusnya bentuk mie agak tebal dan kenyal .
- Tidak ada danmujinya  yah mungkin memang belum ada versi frozennya. Eh ternyata di tampilannya memang tidak ada. 

Secara keseluruhan sih pas di lidah rasanya. Tidak semengerikan karena rupanya yang hitam legam seperti foto yang kuambil seadanya :’(.

2) Jjajangmyeon Beef

Omoni-Jjajangmyeon-Beef
Sesuai namanya, jjajangmyeon beef ini mie saus kedelai hitam ditambah olahan daging sapi. Di dalamnya juga ada potongan frozen seafoodnya kok. Harganya kurang lebih sama dengan tteobokki original.

3) Jjajangtteok

Omoni-Jjajangtteok

Kali ini Omoni mengeluarkan produk perpaduan yang berbeda dari biasanya.
Sesuai namanya, jjajangtteok ini berbeda dengan dua jenis mie di atas. Yang jelas karena tidak ada kata myeon maka tidak ada bahan mie, diganti dengan tteok atau kue beras. 
Yang biasanya tteok dipadu dengan saus gochujang merah menjadi tteokbokki, kali ini dipadu dengan saus pasta kedelai hitam. Di dalam kemasan tidak hanya tteok saja tapi juga ada odeng, seafood ball, bulgogi, dan ditambah topping biji wijen.


c. Rabokki 

Merupakan perpaduan nama dari ramen dan tteokbokki. Asik ya, habis kenyang dengan ramennya ditambah ngemil tteokbokki :D.

Ramen Korea berbeda dengan ramen Jepang. Ramen Korea biasanya disajikan dengan lebih simple. Cukup diberi tambahan telur, sedikit sayuran, dan bisa juga ditambah dengan topping mozzarella dan daun bawang. Ramen Jepang biasanya lebih variatif isinya dan berwarna serta aneka rupa topping.

Ramen Korea hampir sama dengan mie kuah ala Indonesia :D. 
Atau bisa juga bakmi kuah ala Indonesia, hehe :D.

Nah kali ini Omoni mengeluarkan produk perpaduan ini. Sayangnya aku tidak membeli produk ini karena kupikir bisa dibuat dengan memadukan produk ramen Korea dengan ttoekbokki tadi. Salah ternyata .
Bikin ribet. Dah paling bener beli satu set gini dah :’)!

1) Rabokki Chicken

Omoni-Rabokki-Chicken


Sesuai namanya, rabokki chicken perpaduan antara tteokbokki dan ramen dengan tambahan olahan daging ayam.
Di dalam kemasan terdapat olahan daging ayam frozen, mie ramen kering, mandu, tteokbokki, seafood ball, saus gochujang, bumbu kering, bubuk cabe, dan minyak wijen. Harganya berkisar sama dengan tteokbokki original.

2) Rabokki Beef

Omoni-Rabokki-Beef


Sesuai namanya, rabokki beef perpaduan antara tteokbokki dan ramen dengan tambahan olahan daging sapi.
Di dalam kemasan terdapat olahan daging sapi frozen, mie ramen kering, mandu, tteokbokki, seafood ball, saus gochujang, bumbu kering, bubuk cabe, dan minyak wijen. Harganya berkisar sama dengan tteokbokki original.

d. Odeng Suki

Omoni-Odeng-Suki


Ini yang paling membuatku penasaran. Banyak scene di drama Korea yang menghadirkan menu ini. Ya meskipun scene ramen dan tteokbokki juga banyak. 
Untuk odeng dengan kemasan besar seperti yang dipunya Omoni ini sepertinya aku belum pernah menemui. Kayaknya mainku kurang jauh dan pulangku kurang malam. Aih! :D

Bentuk odeng ini saat direbus jauh lebih besar dari aslinya.

Kemasan-Omoni-Odeng-Suki
Kemasan Omoni Odeng Suki


Isi-Omoni-Odeng-Suki
Isi Omoni Odeng Suki


Omoni-Odeng-Suki-yang-sudah-dimasak
Omoni Odeng Suki yang sudah dimasak

Sedikit review dariku :
+ Rasanya enak. Aku suka. 
+ Kuahnya semacam kuah asam juga kecut dan pasti pedas. Ada bubuk cabainya, bisa diatur juga tingkat kepedasannya. Rasanya mirip dengan kuah tomyum. Oya, menurut panduan di balik kemasannya, bumbu ini bisa juga digunakan sebagai bumbu bakar. Namun, aku belum mencobanya. Hmm.. lebih lazim diberi kuah sih kalau odeng, terlebih namanya Odeng Suki, hehe :D.

- Odeng atau fish stick korean ini cenderung rasanya agak powdery, rasa tepungnya lebih terasa. Tapi tak masalah, tidak terlalu mengganggu.

Secara keseluruhan menurutku dan keluarga rasanya enak dan bisa diterima di lidah :D. Porsinya agak banyak memang karena dapat 3 tusuk odeng dan kawan-kawan kecilnya, hhe :D. 

e. Mozzabites

Omoni-Mozzabites


Untuk varian menu ini aku tidak membelinya . Nyesel sekarang kan jadi ingin beli, :’).
Mozzabites ini rupanya tteok yang berisi keju mozzarella. Jadi, bukan di toppingnya tapi keju di dalam tteoknya. Di dalam kemasan berisi 10 buah tteok bites, odeng, dan saus blackpaper. Hmm..

f. Kimchi

Omoni Kimchi


Untuk varian ini aku tidak membelinya karena jujur saja kurang suka dengan rasa kimchi yang asam sekali, agak kecut segar, dan tentunya pedas huahhh. 
Sebenarnya kimchi ada banyak jenisnya. Seperti kimchi sawi, kimchi lobak, kimchi daun bawang, kimchi timun, dan lain-lain.

Kimchi yang dijual di Omoni merupakan sayur sawi yang difermentasi dengan bumbu pedas dan aneka bumbu penunjang lainnya. Dijamin halal. Tinggal dikonsumsi tanpa harus dimasak lagi. Praktis semacam acar atau sambal siap konsumsi.

g. Corndogg

Omoni-Corndogg


Untuk varian ini aku juga tidak membelinya .
Corndogg berisi mozarella stick yang dibalut daging sapi dan saus bolognaise. Dikonsumsi dengan cara digoreng terlebih dulu. Iya digoreng setusuknya juga dan harus deep frying atau minyak banyak sehingga isinya tenggelam di dalamnya. 
Setelah digoreng bisa dicocol dengan saus creamy yang tersedia di dalam kemasan. Saus creamy ini perpaduan rasa Korean dan Italian.

Singkatnya

Secara keseluruhan dari 3 varian yang aku icip bersama keluargaku, semuanya enak. Keluargaku juga mengatakan bahwa makanan Korea ternyata tetap bisa dikonsumsi karena versi ini sudah halal dan terjamin :D. Variasinya yang banyak juga memudahkan untuk membelinya langsung di satu tempat ahaha :D.

Makanan Korea juga identik dengan rasa pedas sausnya. Untuk itu di dalam varian produk Omoni ada cabe bubuk yang dikemas terpisah agar konsumennya menyesuaikan sendiri rasanya. Eh ada tips terselebung nih kalau kepedesan bisa loh minum susu untuk mengurangi rasa terbakarnya :D!

Semua makanan frozen food ini harus diolah dulu ya. Kebanyakan direbus dulu. Yang digoreng hanya corndog. Tapi dalam kemasan Odeng pun ada bumbu yang bisa digunakan untuk dibakar juga.

Menurutku ini kemasan praktis yang bisa dinikmati di mana aja dan kapan aja. Karena tanpa tambahan topping  seperti daun bawang atau telur pun tetap bisa dinikmati rasanya.

Bagi pecinta drama Korea, ohoooo~ ... wajib banget sih coba ini. Barang kali ye kan, suata saat ada rezeki bisa dateng ke Korea langsung dan makan masakan Korea jadi nggak kaget sama rasanya. :D

Meski Omoni ini produk dari Indonesia yang pabrik olahannya ada di Klaten, Jawa Tengah serta menggunakan bumbu yang nyaman di lidah bagi warga Indonesia, tetapi rasanya kurang lebih sama dengan yang ada di Korea. 

Mengapa aku bisa berkata demikian, karena berdasar pengalaman minimku, rasa dari produk Omoni ini yang mendekati rasa masakan aslinya. 
Ya meskipun belum pernah ke tanah Korea, setidaknya icip-icp dulu bisa lah ya :D. Apalagi dengan menikmati sensasi Omoni korean halal food cukup di rumah aja. Makin terasa neomu masshiseoyo :D!

Yuk buruan pesan :D!
Biar nggak penasaran dan ketinggalan :D!


Sumber foto :
•Dokumen pribadi
•https://omonikoreanfood.id/
•https://canva.com



Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

25 comments

  1. Ahh ku sukaa!!! Jadi lapeeerrr mbak.. Tapi aku paling suka kimchi, bikin sendiri, jadi tingkat keasaman bisa disesuaikan dengan selera kita mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuawww ... benarkah? Boleh bisikin kak recipe nya wkw... karna nggak pernah suka kimchi tapi gemes pengen ngerasain ahaha :D
      btw terima kasih sudah mampir Kak Yunita :D

      Delete
  2. Waa jadi kaya ikut korean food festival, laperrr hehehe. saya suka kimchi jugaa..tapi blm pernah bikin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahhh.. saya tuh penasaran juga sama kimchi yg pas di lidah mom, selama ini pasti keaseman atau puedeess huhu :') tapi kalau bikin sendiri saya juga belum pernah, ehehe..
      btw terima kasih sudah mampir Mom Mya :D

      Delete
  3. Wahh,, aku selalu pengen cobain jjajangmyeon.. Tapi belinya harus ke resto korea nih kalo di jogja.. Baru tau kalo ada instannya nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba varian jjajangmyeon dari produk Omoni ini mom, meski rasanya ngga sama (karna pasti lebih pekat rasa kedelai yang di Korea), tapi mirip ehehe, trus di lidah kita2 cucok lah :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Fadmala :D

      Delete
  4. Mbak aku tuh selalu bingung loh nyari makanan korea2 gini, takut zonk dan nggak sesuai di lidah. Habis baca review ini kayaknya yg ini lumayan bisa diterima yaa.

    Aku pengen bgt nyetok gini2 buat cemilan malam2 pas lg dingin2 kan enak yaa makan pedes2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamaak kalik Kak :'D.
      Kemarin aku juga bingung nyari korean food yang halal yang gampang dijangkau. Tiba-tiba nemu produk ini kayak kalap belinya :'D.
      Semoga lekas beli ya Kak Palupi, biar menuntaskan rasa neomu masshiseoyo ala Korean:D!
      Btw terima kasih sudah mampir Kak:D

      Delete
  5. Baru tau aku omoni ini pabriknya di klaten. Waaah,ngiler semuanya dan pingin coba semuanya. Dah ada di minimarket belum sih? Rasanya aku belum pernah cobaiiin ih. Penasaran bgt. Biasanya beli korean food pake aplikasi. Tapi kalau malem pinginnya agak ribet tokonya dah turup wkwk. Ini praktis bgt ya

    ReplyDelete
  6. Di minimarket gede kurang tau sih Mom, kayaknya belum deh, apa aku yang nggak ngublek-ngublek frezzernya yak :D.
    Kemarin aku pesan via resellernya :D.
    Bisa jadi peluang usaha lho, Mom :D hihihi...
    btw, terima kasih sudah mampir Mom Widya :D

    ReplyDelete
  7. Mbaaa tanggung jawab, bikin ngiler ibu hamil, huhu pengen semuanyaaaa... Aku ga pernah nemu yang pas dilidah
    Omoni banyak banget ya variannya bisa dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwehehehe :D Alhamdulillah kalo bikin ngiler, mujarab gambarnya :D.
      Semoga keturutan coba semua variannya ya Mom, hihi :D
      Btw selamat atas kehamilannya,Mom :D semoga bumil dan debay sehat-sehat sampai waktu persalinan yaa :D
      Dan terima kasih sudah mampir, Mom Dea :D

      Delete
  8. Duh malam malam gini bw ke blog yang nampilin makanan. Auto lapar aku tuh. Hehehe.


    Btw itu gakpapa perut incip2 menu segitu banyak hehhe..

    Wah lidahku cocok gak ya.. pengen deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya nggak apa-apa Mom, :D kalo di aku cuma mules karena nggak kuat pedes wkwk...
      Kayaknya buat ukuran lidah orang Indonesia yang ramah dengan rasa rempah sih oke-oke aja Mom, soalnya ini lebih berasa rempahnya, kalau makanan Korea aslinya setahuku cuma manis aja, asem, asin, pedes, ya gitu-gitu, Mom :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Hamim :D

      Delete
  9. Produk omoni yang dah aku makan khimci asli enak. Gegara nonton oppa² teru sampe marathon hehehe.lg pengen beli panci samyang niih mbak, duh lucu banget aku tuuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ciyusan enak Kak? :D aku skip yang kimchi karena rasanya masam dan pedeesss hhe ...
      Weh iya yah, jadi terinspirasi beli panci buat bikin ramennya nih :D
      btw terima kasih sudah mampir Kak Junitha :D

      Delete
  10. Baca ini malem2 auto laper deh Mba,awalnya ku kira produk asli luar lho ternyata produk klaten yaa..bisa lahap nih buat suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata produk lokalan Mom dan terjangkau juga harganya, di e-commerce banyak dan banyak resellernya juga lho :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Iva :D

      Delete
  11. Kalo blom bisa ke negeranya langsung paling ga pernah nyicip makanannya kali yak wkwkwkwk.. t

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuullll Kak Nora :D
      Biar lidah nggak kaget gitu, hihi :D
      btw terima kasih sudah mampir Kak Nora :D

      Delete
  12. Wow variannya banyak banget mb. Biasanya beli Frozen foodnya doang, bumbunya beli mie yang ala-ala Korea dipake buat hotpot bareng keluarga. Kalau udah ada yang kayak gini tinggal masak aja, ga perlu repot cari bumbunya juga. Kayaknya kudu coba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Pak :D, saya dulu juga gitu, sekarang nemu yang praktis, enak, halal juga :D
      btw terima kasih sudah mampir Pak Sugianto :D

      Delete
  13. Waduuuuh bikin ngiler ajaaaa mb..
    Ku sudah lama pengen nyiba tapi ternyata banyak banget variannya yaa.. ah jd bingung tp ngileeeerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe ..yang wajib dicoba sih tteokbokki dan odengnya kak,uuu mantap rasanya,enak dan pas di lidah orang Indonesia :D

      Delete
    2. btw terima kasih sudah mampir Kak Sendy :D

      Delete

Post a Comment