Melepas Rindu dengan Siomay Tombo Kangen

4 comments
Melepas-Rindu-dengan-Siomay-Tombo-Kangen


Aloha Sobat Sajian Kira :D! Udah pada sarapan, makan siang, atau makan malam? Jangan lupa makan ya karena menjalani kehidupan yang berat juga membutuhkan amunisi makanan juga loh :D! Ehe. Kali ini kami akan jalan-jalan mengenang rasa yang pernah ada, eh maksudnya rasa makanan tempo dulu :D! Siang ini kami melepas rindu dengan siomay Tombo Kangen. Apan tuh?

Let’s jump to the article :D!

1. Siomay Tombo Kangen

Yak nama tempatnya Warung Siomay Tombo Kangen. Seperti namanya yang tombo kangen atau Bahasa Indonesianya melepas rindu, obat rindu, dan semacam itu deh :D. Siomay ini memang dibuat mungkin bertujuan memberikan rasa rindu pada pelanggannya :D.

Kenapa bisa dikasih nama itu? Karena rupanya sesuai nama dari warung siomaynya yang telah berdiri dari tahun 2009an ini memang memiliki rasa membekas.
Hayoloh warga Purworejo, Jawa Tengah, pada punya kenangan apa di sini?
Apa kenangan makan ramai-ramai dengan keluarga besar?
Apa kenangan makan dengan antri yang puanjaang banget?
Apa kenangan bersama pasangan? Atau bahkan mantan pasangan?
Atau kenangan bersama teman-teman saat nongkrong?

Yah apa pun itu, tempat ini memang menjadi legenda sampai saat ini. 
Sedikit ceria, jaman dulu tempatnya tidak dibangung tingkat dua seperti saat ini. 

Awal mula ada warung siomay tombo kangen itu gedungnya masih berupa gubuk. Yap, gubuk dari susunan bambu. Bahkan saking ramenya pengunjung dan kadang sampai antri puanjaang, gubuk dan kursi jadi agak sedikit meleyot. Ah tahun-tahun itu penuh kenangan oleh riuh sesak orang-orang tanpa menggunakan masker .

Lambat laun ownernya merenovasi dan tutup sementara waktu. 
Terus nasib para customer loyalnya gimana? Ya tetep aja nungguin sampai warungnya buka lagi, aha :D!

Sebegitu loyalnya para konsumen Warung Siomay Tombo Kangen ini. Lagi-lagi alasan utama, lidah yang nggak bisa bohong kalau memang seenak itu. Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa ownernya asli Sunda, Jawa Berat. Hmm, pantas aja rasanya ngeunah pisan :D!

Namun, beberapa waktu belakang mungkin tepatnya karena terkena dampak pandemi juga, warung siomay Tombo Kangen perlahan mulai sepi meski tetep ada pembeli. Mereka yang datang biasanya memang pelanggan loyal, entah datang sendiri atau berkerumun. Namun, untuk sementara waktu ini tempatnya dibatasi. Seperti lantai 2 yang tidak boleh digunakan dan hanya menggunakan lantai 1. 

Dari lantai 1 terhampar posisi dapur dan tempat makan. Jadi, para konsumen bisa melihat langsung proses produksi aneka hidangan dari warung siomay Tombo Kangen. Ya, meskipun namanya warung siomay Tombo Kangen, tapi yang dijual tidak hanya siomay saja loh. Ada beragam menunya  dari yang menu single atau porsian sampai menu paketan seperti menu paket minuman atau paket keluarga.

2. Reviu

a. Lokasi

Warung Siomay Tombo Kangen ini berada di Jl. Kol. Sugiono No.48, Kepatihan, Purworejo, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54151. Ini masih di pusat kota kok :D.
Jam operasionalnya dari jam 9 pagi sampai 8 malam.
Tersedia tempat parkir, toilet, bahkan musholla juga.
Tempat makannya banyak, ada 2 lantai. Namun yang difungsikan saat ini hanya lantai 1.

suasana-lantai-1-warung-siomay-tombo-kangen



b. Menu

daftar-menu-dan-harga-siomay-tombo-kangen


Menu makanan dan minuman beragam. Namun, menurut kami yang paling enak tetap siomay goreng dan siomay rebusnya . Padahal jenis siomaynya ada banyak. Antara lain siomay goreng, siomay rebus, siomay karoyok, dan siomay guyur.

Ada menu Sunda lainnya, yakni batagor. Ada varian menu batagor pangsit, batagor bakso kuah, bakso goreng, bakso tahu ikan, dan bakso ayam.

Ada juga menu empek-empeknya yang variatif ada pempek lenjer, pempek sosis, pempek kapal selam, dan pempek kukus.

Siang kemarin kami memesan dengan take away atau dibungkus, terkadang masih takut gitu makan di lokasi, ehe. Padahal para karyawan di sini pada tertib  dengan tetap menggunakan masker dan menggunakan sarung tangan.

c. Rasa dan Harga

Kami pernah mencoba semua menunya, tapi yang akan kami reviu di sini siomay dan es doggernya aja ya :D. 

aneka-siomay-tombo-kangen



*Siomay Goreng Tombo Kangen
+ rasa ikan tengirinya masih terasa, sama seperti dulu
+bumbu kacangnya enak sekali. Bumbu kacang untuk siomay terbaik di Purworejo sih, menurut saya. Mampu bersanding dengan rasa siomay yang masih orisinil. Sungguh rasa yang tak lekang oleh waktu :D.

-Sepertinya karena kami yang tumbuh menjadi lebih besar ya, isinya terlihat menjadi lebih sedikit ehe :D. 
Dalam 1 porsi terdiri 1 kentang goreng, 2 siomay goreng, 1 tahu goreng, dan 1 kol kukus serta tentunya saus kacang. Varian penunjang lainnya sebenarnya ada telur bulat goreng tapi kami tidak menggunakannya.

Harga : Rp 8.000 / porsi

*Siomay Rebus Tombo Kangen
+ rasa ikan tengirinya masih terasa, sama seperti dulu
+bumbu kacangnya enak sekali

- Sepertinya karena kami yang tumbuh menjadi lebih besar ya, isinya terlihat menjadi lebih sedikit ehe :D.
Dalam 1 porsi terdiri 1 kentang kukus, 2 siomay kukus, 1 tahu kukus, dan 1 kol kukus serta tentunya saus kacang. Varian penunjang lainnya sebenarnya ada telur bulat kukus tapi kami tidak menggunakannya.

Harga : Rp 8.000 / porsi


*Es Dogger
Fun facta atau fakta lucu dari es dogger yang dari asal akronim es dorong gerobak :D.

+isinya nanas, kolang kaling, cincau hitam, camcau, buah melon, buah semangka, diberi kuah susu yang gurih dan sirop merah (mungkin marja cocopandan atau niki sara cocopandan :D) lalu ditutup dengan setumpuk es serut, muantabbb :D.
+Isi komplit dan banyak :D.

-tidak ada :D. 

Harga : Rp 5.000 / porsi

3. Penutup

Melepas rindu itu memang berat, tak akan kuat (kok kayak Dilan dan Milea :D).

Menurut kami, rasa tidak berubah hanya mungkin ukurannya mengecil. Itu pun mungkin karena kami juga bertambah besar :D. Menurut kami juga, tidak ada salahnya mampir kemari dan meramaikan lagi tempat legenda di Kota Purworejo ini untuk melepas rindu dengan siomay Tombo Kangen :D.
Kuy lah :D


Sumber :
Dokumentasi pribadi

Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

4 comments

  1. Ebak enak makan siomay, apalagi pas cuaca hujan gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak :D terima kasih sudah mampir Kak Lylamanzila :D

      Delete
  2. Enak , enak , enaak .. .Hehe . .. Kakak asli Purworejo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehe, iya kak :D, besar di Purworejo, terima kasih sudah mampir Kak Dwity :D

      Delete

Post a Comment