4 Tips Mewujudkan Konsumen Loyal dalam Rangka Hari Pelanggan Nasional

38 comments
4-tips-mewujudkan-konsumen-loyal-dalam-rangka-hari-pelanggan-nasional


Aloha Sobat Sajian Kira :D! Pada tahu nggak sih kalau tanggal 4 September kemarin adalah Hari Pelanggan Nasional. Ada yang tahu kah? Oiya momen ini bisa  dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para konsumen. Atau bisa juga dimanfaatkan bagi para pelaku usaha dalam meningkatkan produktifitas dan pelayanannya supaya lebih banyak menarik para konsumen baru bahkan menjadikan mereka sebagai konsumen loyal juga. Eits, ada tipsnya lho demi wujudkan hal tersebut.

Apa aja tuh tips mewujudkan konsumen loyal dalam rangka Hari Pelanggan Nasional ? Sini Sajian Kira bisikin :D!

1.       Sekilas tentang Hari Pelanggan Nasional

Beliau adalah Handi Irawan D., seorang di balik lembaga riset pemasaran bernama Frontier Consulting Group, yang mencentuskan terbentuknya Hari Pelanggan Nasional ini. Ia mencetuskan hal ini karena telah meneliti dan berpengalaman bertahun-tahun memahami tingkah laku berbagai perusahaan di Indonesia. Ia memiliki tujuan agar nantinya dapat tercipta ekosistem dimana banyak terdapat pelanggan yang puas, lalu banyak pelanggan yang loyal, serta perusahaan semakin maju, dan bahkan negara pun jadi lebih maju.

Saat dicetuskan pada tahun 2003 kepada pemerintah yang saat itu dikepalai oleh Megawati Soekarnoputri itu mendapat sambutan baik. Banyak pihak turut mendukungnya seperti BUMN dan pihak swasta. Maka dipilhlah tanggal 4 September 2003 sebagai Hari Pelanggan Nasional.

Menurut pencetusnya, melayani pelanggan dengan sepenuh hati merupakan kewajiban perusahaan. Melalui tindakan pencetusan Hari Pelanggan Nasional ini, ia berharap agar para perusahaan mau mewujudkan kepuasan pelanggan dan lebih memahami apa yang pelanggan mau dan butuhkan. Ia juga beranggapan bahwa memahami pelanggan bukanlah pekerjaan perusahaan yang mengenal musim bahkan lelah. Ia menambahkan juga bahwa harus ada peningkatan akan poin kepuasaan ini di tiap tahunnya. Momen ini juga digunakan sebagai waktu untuk memompa semangat tiap perusahaan agar lebih meningkatkan pelayanannya ataupun produknya.

 Peningkatan kepuasan pelanggan ini juga akan berdampak ke kinerja perusahaan yang menjadi lebih baik lagi. Serta terjadi peningkatan kepercayaan pelanggan bahkan calon pelanggan atas pelayanan dan atau produk yang dikeluarkan perusahaan.

 Menurut Handi Irawan D. yang dikutip dari lamannya mengatakan bahwa tidak ada kata terlambat, jadi tiap perusahaan bahkan sampai waktu ini pun masih bisa berjuang menemukan apa yang paling bernilai bagi pelanggan, apa yang menjadi titik kepuasan pelanggan, apa yang pelanggan butuhkan. Oleh karenanya jangan berhenti untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kualitas produk.

 

 

2.       4 Tips Mewujudkan Konsumen Loyal dalam Rangka Hari Pelanggan Nasional

Setelah mengetahui seluk beluk tentang Hari Pelanggan Nasional, sekarang kami mau kasih beberapa tips bagi para pelaku usaha yang mungkin bisa dipakai untuk mewujudkan konsumen loyal :D.

a. Menyediakan tempat QnA bagi konsumen

Beberapa konsumen sering mengeluhkan atas hal-hal yang belum diketahui mungkin cara pemakaian produk yang tepat, atau lokasi pelayanan service gadget. 

Nah menyediakan tempat Questions and Answers ini harapannya dapat mempermudah konsumen menemukan keperluannya. 

Di sisi lain, wadah ini mampu menunjang progress komunikasi para pelaku usaha dengan pelanggan. Karena para pelanggan ini senang jika diperhatikan. Bisa dari segi perhatian akan produk yang sedang dipakai, keberlangsungan atau kenyamanan saat produk atau layanan dipakai, atau perhatian sekadar menyapa menanyakan kabarnya.

Seperti misal dari segi pelayanan, konsumen sering diberi pesan berisikan bagaimana penggunaan produk mereka terhadap konsumen tersebut, adakah efek sampingnya, atau ada keluhan yang bisa dijadikan masukan untuk perusahaan.

Seperti juga dari segi produk, konsumen sering diberi pesan saat penggunaan pada hari-hari tertentu. Isinya mengenai apakah produk tersebut sesuai dengan yang konsumen inginkan, atau produk terkait sudah aman digunakan sesuai prosedur pemakaian, atau ada keluhan saat merakit dan menggunakannya.

QnA ini selain diberikan secara personal, juga bisa diletakkan di website para pelaku usaha seperti misal bisa diberi label FQA (Frequently Questions and Answers) atau tanya jawab yang sering dilontarkan.

4-tips-mewujudkan-konsumen-loyal

b. Menggaet metode pemasaran yang efisien dan efektif

Pemasaran yang efisien dan efektif tentunya impian tiap pelaku usaha. Namun, nyatanya beberapa dari mereka masih sering boncos atau rugi. Nah, pada tahap ini memang dibutuhkan trial and error. Riset pun menjadi salah satu kunci suksesnya mencari metode pemasaran ini.

Masing-masing pelaku usaha memiliki caranya sendiri berdasarkan keperluannya, apa yang dimiliki mereka saat itu yang bisa dikerahkan untuk menunjang, atau trik tertentu dalam menggaet pemasaran yang baik.

Seperti misalnya pada bagian pelayanan bisa menggunakan garda terdepan lain untuk menunjang pemasarn. Misal selain ada staff customer service yang tentunya juga dirancang untuk mampu memasarkan produk layanan dengan apik, bisa juga frontliner atau garda terdepan yang sejajar dengan cs. Atau bisa juga dengan security saat mereka dimintai tolong membantu para konsumen yang kebingungan.

Begitu juga dengan pelaku usaha dalam bidang produksi sebuah barang. Setiap lini pekerjaan penunjang di dalamnya juga bisa ikut andil dalam pemasaran. 

Menggunakan promo dari event-event tertentu atau berkolaborasi dengan pihak-pihak lain juga bisa digunakan demi meminimalisir boncos.

Atau bisa juga menggunakan aplikasi penunjang lainnya misal aplikasi yang tersedia di media sosial semacam facebook ads.


c. Terus berusaha meningkatkan pelayanan terbaik

Dalam hal pelayanan memang bukan perkara mudah untuk menentukan standar kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan berbeda diberi treatment yang sama, maka mereka bisa mengatakan bahwa tingkat kepuasan mereka berbeda. Nah di saat seperti itu, bisa coba gali lagi mungkin ada yang bisa diberi polesan untuk menyamakan rate kepuasan.

Misal pada sebuah restoran, si waitress diberi apresiasi oleh konsumen biasa tapi tidak dengan konsumen loyal. Hal ini bisa diambil kesimpulan bahwa konsumen loyal biasanya membutuhkan treatment khusus misal dengan memberi free khusus sebagai tanda terima kasih bahwa konsumen tersebut telah loyal pada restoran ini.


d. Meningkatkan kualitas produk

Dalam hal produktifitas barang juga bukan perkara mudah untuk menarik kepuasan pelanggan. Setiap dari mereka biasanya memiliki kepuasan yang berbeda meski tetap menawarkan hal yang sama, pada dua konsumen berbeda.

Nah, mungkin bisa menggunakan tambahan diskon pada konsumen loyal sebagai tanda terima kash karena telah menjadi konsumen loyal memberi produk tersebut. Atau memberi voucher tertentu untuk tiap kelipatan pembelian.


 3.       Penutup

Pada dasarnya setiap perusahaan pasti menginginkan hal terbaik saat bertemu dengan pelanggannya, entah pelanggan baru atau pelanggan lama, bahkan pelanggan loyal. Namun, memang perlu waktu-waktu tertentu sebagai momentum pengingat bagi para perusahaan, agar mereka mengurangi harapan pada konsumen yang ingin membayar banyak tanpa diimbangi peningkatan kinerja perusahaan. Baik berupa kualitas produk ataupun pelayanan.

Seperti adanya Hari Pelanggan Nasional ini yang menjadi momentum tepat bagi titik balik kinerja perusahaan dalam memberikan kinerja yang prima pada pelanggan.

Jadi, 4 tips mewujudkan konsumen loyal dalam rangka Hari Pelanggan Nasional tadi mungkin bisa sedikit membantu para pelaku usaha, perusahaan, dan siapa saja yang membutuhkan.

 

 

Sumber :

https://haripelanggan.com/about-us/

https://pintek.id/blog/hari-pelanggan-nasional/

 


Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

38 comments

  1. Seneng banget rasanya kalau jadi konsumen, terus mendapatkan pelayanan maksimal, auto jadi pelanggan setia kayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, bener banget Kak, jadi merasa dihargai gitu yak :D, terima kasih sudah mampir Kak Yonal Regan :D

      Delete
  2. Pembeli adalah Raja. Perlakukanlah dengan baik, tentunya dia akan setia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwihhh mantap Bunda :D iyap betul saya setuju Bunda :D btw terima kasih sudah mampir Bunda Dina :D

      Delete
  3. jadi penasaran metode pemasaran ada apa aja sih mb???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, terima kasih Mom Sendy memberi insight postingan blog selanjutnya :D wait for a while yak :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom :D

      Delete
  4. Perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik pada konsumen, sudah dipastikan akan selalu setia ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak tul Pak, setujuuu :D
      terima kasih telah berkunjung Pak Hamdan :D

      Delete
  5. Hari pelanggan nasional..
    Hari check out emak2 karena banyak diskon..eh πŸ˜‚πŸ˜‚

    Nice sharing dek..
    Moga bisa nerapin nanti kalau sudah siap bisnis..Insya Allah..
    Salah satu impian punya bisnis pemberdayaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak Mom, bener banget nih salah satu keranjang yang disukai emak-emak tapi bikin pusing ria kalau mau check out karena lihat tagihan wkw..
      Iya Mom, kembali kasih :D Semoga Allah segera menjabah bisnis impian Mom Zulmi ya aamiin allahuma aamiin :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Zulmi :D

      Delete
  6. Bagi pengusaha pemula memang tidak mudah untuk menciptakan konsumen yang loyal. Terimakasih ilmunya, jadi menambah wawasan bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom, semoga sedikit membantu info ini :D
      terima kasih juga sudah berkunjung Mom Nafis :D

      Delete
  7. Customer satisfaction menjadi salah satu kunci dalam pelayanan pelanggan. Pelanggan selalu mintanya yang aneh ya, tapi karena mereka adalah mitra ya dilayani saja. Btw terima kasih 4 tipsnya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, sama-sama Pak Sugianto, terima kasih juga sudah mampir :D

      Delete
  8. Baru tahu ada hari pelanggan juga, semoga bangsa kita menjadi negara produsen dan bukan konsumen di negara lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin :D Iya Mom, semoga bisa terwujud sebagai produsen produk ya :D
      terima kasih sudah mampir Mom Nurfaizah :D

      Delete
  9. Selalu memberikan pelayanan yg baik untuk pelanggan dan menjaga kwalitas produk itu yg pertama aku pilih biar aku jadi pelanggan setia.. Xixi,,
    .
    Thank youu sharingnya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama Mom :D
      terima kasih kembali sudah mampir Mom Fadmala :D

      Delete
  10. Baru tahu aku kalau tanggal 4 September itu diperingati sebagai hari pelanggan nasional. Tipsnya mau aku terapin deh ke usahaku.. Mantul, bisa menyerap banyak konsumen dengan pelayanan maksimal. Setuju!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay, semangat dan sukses terus untuk bisnis Mom Yunita :D
      terima kasih sudah mampir Mom :D

      Delete
  11. Hari pelanggan nasional, duh.. Aku jadi makin nyadar bahwa banyak yang gak aku ketahui.
    Makasih ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tahu pas buka kalender google, Kak :D terima kasih sudah mampir kak :D

      Delete
  12. Waahh ini bermanfaat banget deh ini... Terimakasih insightnya ya mbaaak.. kereen banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mom Sasha, terima kasih sudah mampir :D

      Delete
  13. Konsumen adalah raja ya Mbak. Jadi sewajarnya kita kasih pelayanan maksimal. Tapi kadang udah dikasih pelayanan maksimal masih aja ngeselin. Yah curhat🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakkk, dan aku pun kadang gitu kak, apalagi kalo masuk store yang dibuntutin mulu :D wkwkw
      terima kasih sudah mampir Kak Naqi :D

      Delete
  14. Poin c menurut saya menjadi tips yang paling penting. Bagaimanapun mempertahankan prestasi itu jauh lebih sulit dari pada meraihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak Dokter, kerja keras banget untuk bertahan di posisi terbaik itu, terima kasih sudah berkunjung Pak Dokter Taufiq :D

      Delete
  15. mantul buat para pelaku bisnis, baut drosiper juga bisa nbih ya mbak. aku suka tulisan mbak arshy ini keren aku jadi tahu latarbelakang hari pelanggan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, saya juga baru tau juga Mom, biasanya dirayain bareng promo2 tapi nggak ngeh kalau tanggal persisnya, terima kasih sudah mampir Mom Hamim :D

      Delete
  16. Memberikan pelayanan terbaik imbasnya adalah konsumen akan balik lagi. Mkasih ya mbak artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Bersyukur, selain ada YLKI, juga sekarang ada hari pelanggan nasional. Mudah-mudahan semakin baik tingkat pelayanan kepada konsumen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yosh Bunda, aamiin :D
      terima kasih sudah mampir Bunda Lillah :D

      Delete
  18. Bener banget, pelanggan akan setia ketika pelayanannya menyentuh hatinya.

    ReplyDelete
  19. aku baru tau loh mba ada hari pelanggang nasional wkwkwkw wah tipsnya pas banget buat dipraktekin buat aku pelaku pedagang wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment