7 Gerakan Olahraga Sambil Duduk Aja

Post a Comment

7-gerakan-olahraga-sambil-duduk-aja



Duduk terlalu lama di kursi saat ngantor memang bikin susah. Bawaannya pengen rebahan kalau pegel melanda. Namun, kerjaan di atas meja juga lagi nggak bisa ditinggal. Huh, gimana caranya ya supaya sekali dayung dua tiga pulau terlampui, sekali duduk ngerjain kerjaan juga bisa meredakan pegal-pegal. 

Boleh coba olahraga tipis-tipis sambil duduk loh :D. Sini Sajian Kira bisikin, 7 gerakan olahraga sambil duduk aja. Dijamin cocok banget diterapin bagi kaum-kaum jompo yang waktunya lebih banyak di atas kursi. Bisa juga buat meredakan pegal-pegal :D

Eits sebelum itu, kenapa sih Sajian Kira mengangkat tema ini?

Yak tepat pada tanggal 9 September 2021 ini diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional. 

1. Selayang pandang tentang Hari Olahraga Nasional

Hari Olahraga Nasional diperingati sebagai ajang untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air tercinta. Peringatan ini diawali dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada tanggal 9-12 September 1948 di Solo, Jawa Tengah. Nah pada tanggal 9 September 1948 itu juga digunakan sebagai momentum penetapan Hari Olahraga Nasional  setelah dibukanya ajang PON I itu. 

PON I digelar karena pada tahun 1948 atlet-atlet di Indonesia tidak dapat bertanding di Olimpiade XIV/1948 London, Inggris akibat terbentur polemik kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia yang belum di akui dunia. Terlebih masalah paspor Indonesia pun juga belum diakui oleh Pemerintah Inggris kala itu. Yang tambah menyayat hati adalah para kontingen Indonesia diperbolehkan mengikuti kompetisi jika memakai paspor Belanda.

Tentunya saja mereka menolak dan tetap membela negara atas nama Indonesia. Nah bermula dari sini juga, para masyarakat yang bergabung dalam oraganisasi Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri bernama PON tadi. 

Hal ini juga digunakan sebagai unjuk gigi pada dunia bahwa di masa tersebut dengan banyaknya polemik yang terjadi, bangsa Indonesia masih bisa melangsungkan kompteisi dengan caranya sendiri yang tentunya berskala nasional.

Acara ini mendapat sambutan baik dari para atlet Indonesia sebanyak 600 atlet yang mengikuti kompetisi. Mereka akan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 mendali. 

Waw keren dengan segala keterbatasan masih berjuang demi negara. 
Nah begitu juga dengan kita para kaum yang lebih sering duduk di atas kursi sambil menatap laptop atau ponsel, ehe. Meskipun para pekerja seperti kita bukan merupakan atlet, lantas apa kita harus tetap berdiam diri dan tak melakukan olahraga? Oh tentu saja tidak. Lagipula olahraga ini bukan olahraga yang sulit seperti lempar lembing atau lari. Eits, tapi bukan berarti diimplementasikan dengan kenyataan kita menjadi lempar ATK atau lari dari kejaran dateline ya :D.
Meski waktu kita terbatas, bahkan kesempatannya susah untuk berolahraga, tetap harus diusahakan ya.

Olahraga itu penting, meski tipis-tipis. Supaya badan kita tetap terasa bugar dan mampu membantu lancarnya sirkulasi darah dan oksigen yang bagus ke otak sehingga ide yang dihasilkan akan lebih jreng dan fresh.

Nah yuk loncat indah ke bagian 7 gerakan olahraga sambil duduk aja :D.
Bisa nonton videonya dulu yuk :D!

2. Video 7 Gerakan Olahraga Sambil Duduk Aja




Rincian gerakan yang dilakukan cukup di atas kursi sambil duduk aja :

a. Gerakan memutar kepala

Putar kepala 3x ke kanan dan 3x ke kiri secara perlahan. 

b. Gerakan memutar bahu

Hanya perlu menggerakan bahu dan tangan naik turun seperti mengendik.
Angkat dan tekuk kedua tangan ke kuping, lalu putar ke kiri dan ke kanan sebanyak 3x secara perlahan.

c. Gerakan menunduk

Gerakan tubuh bagian atas dan bawah. Angkat dan tekuk kedua tangan ke kuping lalu menunduk 90 derajat. Tahan selama 2 detik lalu kembali ke posisi tegak duduk. Ulangi bagian ini sebanyak 6x ya.

d. Gerakan crunch menendang

Membutuhkan gerakan dari seluruh tubuh. Condongkan badan ke belakang, letakkan kedua telapak tangan di samping kursi yang bagian dudukan pantat. Lalu angkat lutut, lakukan dengan sedikit menekuk dan meluruskan. Saat meluruskan kaki sebaiknya tumit jangan menyentuh lantai ya, jadi mengambang di udara dan nantinya terasa sedikit menahan perut. Lakukakn bagian ini sebanyak 10x.

e. Gerakan kaki gunting

Menggerakkan tubuh bagian bawah saja. Caranya dengan menyilangkan kaki seperti gunting. Kaki kanan di atas kaki kiri atau sebaliknya dan jadi seperti atas bawah. Lalu ubah posisi ini secara bergantian. Tahan selama 2 detik saat mengambang di udara dan lakukan gerakan memutar kaki bawah selama 1 menit.

f. Gerakan memutar kaki

Menggerakan tubuh bagian bawah saja. Tegakkan tubuh setegap dan sebidang mungkin. Lalu rapatkan kedua kaki, agak sedikit diangkat dan ayunkan ke kanan dan kiri secara bergantian. Lakukan masing-masing sebanyak 10x.

g. Gerakan mengangkat kaki 

(ini bukan berarti disuruh hengkang ya :P) Bagian ini cukup memnbutuhkan tubuh bagian bawah lagi. Rapatkan kaki dan angkat kedua kaki hingga lurus di hadapan. Posisinya akan membentuk siku-siku sambil duduk. Lakukan bagian ini dengan menahan untuk mengambang di udara selama 2 detik. Lalu baru turunkan dan ulang sampai 10x.

Mudah bukan? Bisa sambil mengerjakannya tugas lain seperti nonton drakor, eh. :D
Semoga 7 gerakan olahraga sambil duduk aja bisa membantu mengurangi rasa pegal-pegal karena terlalu lama duduk di kursi ya :D.
Selamat mencoba~!

quote-olahraga


Sumber :
https://tirto.id/hari-olahraga-nasional-2021-sejarah-tema-logo-haornas-9-september-gjjo
https://www.youtube.com/watch?v=w3IU2gWActU









Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment