Pentingnya Google Search Console

12 comments
Pentingnya-Google-Search-Console



Seberapa pentingnya Google Search Console? Setelah di kelas  Blogspedia kemarin membahas Google Analytics, kali ini membahas Google Search Console. Let’s jump to the article :D!

1. Apa sih Google Search Console

Google Search Console merupakan aplikasi gratis yang disediakan pihak google sebagai penunjang kinerja para webmaster serta penunjang Google Analytics. Bisa dikatakan Google Analytics dan Google Search Console itu saling melengkapi, bahasanya nggak ada lo nggak rame, gitu deh :D.
Dulunya alkisah Google Search Console ini bernama Google Webmasters lalu pada tahun 2015 menjadi nama yang dikenal seperti sekarang. Yap, seperti namanya memang tadinya aplikasi ini untuk para mastah. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk para pebisnis dan SEO oriented person yak :D.


2. Fitur di Dalam Google Search Console


Tampilan-Google-Search-Console



Di dalam aplikasi tersebut terdapat dua fitur yakni fitur utama dan fitur optimasi webmaster.

a. Fitur utama Google Search Console 

yakni mendaftarkan laman yang baru dibuat untuk dinaikkan ke daftar indeks yang tertera di Google. 

Nah, ada sedikit perbedaan untuk kedua pengguna hosting, yakni sebagai berikut :
o Untuk hosting yang menggunakan blogspot : verifikasi terjadi secara otomatis jika ada kesamaan alamat email antara yang terdaftar di Search Console dengan email blogger. Nah, tentunya akan mempermudah untuk menuju step selanjutnya saat penyambungan link.
o Untuk hosting yang menggunakan non blogspot : diperlukan menambahkan meta tag khusus untuk verifikasi.

b. Fitur optimasi webmaster

1) Index Status
Berfungsi sebagai penunjang situs website terindeks agar lebih cepat diproses oleh Google, juga akan memunculkan banyaknya halaman yang telah terdaftar dalam indeks Google

2) Crawl Stat
Fitur ini memudahkan untuk membaca jumlah rata-rata halaman yang sudah dikunjungi Google. Seamacam melihat laman dari kacamata Google. Hal ini akan bedampak pada crawl rate. Karena artikel yang bagus akan menujukkan peringkat yang tinggi dari crawl rate.

3) HTML Improvements
Pada bagian ini berfungsi sebagi penunjang situs dengan memperbaiki html-nya.  Yang termasuk di dalamnya seperti saat mendaftar duplicate title, memperbaiki meta descriptions, atau bahkan konten yang tidak dapat diindex dalam situs. Saat situs sudah terindex atau sedang memperbaiki situs yang sudah ada, bisa juga melihat daftar elemen yang harus diperbaiki di bagian sini.

4) Structured Data
Fungsi data yang terstruktur akan memudahkan Google dalam mempelajari tiap konten yang ditampilkan di website. Tentunya akan meningkatkan performances website ke depannya.

5) Links to Your Site
Link tertaut dari website luar tidak selalu langsung dipilih Google untuk diarahkan. Dengan Google Search Console akan memudahkannya dengan cara menganalisa anchor text dan menunjukkan link yang baik atau merugikan. Hal ini akan berdampak besar layaknya proses penyaringan link referral.

6) Internal links
Menautkan beberapa link internal yang terkait dengan artikel. Tentunya link artikle yang pernah diposting di website kita sebelumnya. Hal ini juga sebagai bantuan penunjang performance. Hal ini turut berfungsi dalam meningkatkan kadar SEO Friendly. 

7) Sitemap Submission
Menambahkan sitemap sebagai penolong saat Google sedang mengindex situs. Nantinya akan diarahkan content mana yang harus di-crawl terlebih dahulu. 

8) Site Eror
Hmm, bagian ini kadang membuat saya lebih memilih memainkan t-rex saurus ketimbang melanjutkan ke laman berikutnya, haha.

Tampilan-Google-Search-Console-T-rex-saurus-online



Hal di atas bukan brarti laman dalam kondisi buruk, bisa saja terjadi broken link. Fitur ini akan mempermudah bagi Google yang sudah men-crowl website untuk dicari bagian mana erornya.

9) Search Analytics
Berisi tentang overview performance dari tiap content yang sudah dipublikasikan. Melalui bagian ini diharapkan dapat memberikan fitur manfaat dalam mencari keyword yang mampu meningkatkan traffic. 

10) Messages
Pada bagian tombol berbentuk lonceng atau message ini memiliki fitur sebagi pengingat akan masalah yang sedang terjadi dan dibutuhkan untuk perbaikan. Dalam hal ini juga bisa dimungkinkan adanya informasi semisal laman kita dihack. 

3.Manfaat Pentingnya Google Search Console

Nah, di Google Search Console yang terbaru terdapat pilihan Search Console Insights yang ternyata isinya seperti insight pada instagram versi business. Wow.

Apa aja isi Search Console Insights?

a.Site Overview 
o Terdapat Site Overview = laman yang berisi page views dan average page views duration. 
o Rincian New Content = dalam waktu kurang lebih 28 hari atau satu bulan yang akan menunjukkan berapa banyak page view dan durasi lama membukanya.
o Rincian Most Popular Content = dalam waktu kurang lebih 28 hari atau satu bulan yang akan menunjukkan content terpopuler beserta page views dan durasi dibuka lamannya.

b. How People Find Your
o Top Traffic Channels
Traffic dari cara pengunjung datang ke situs terkait. Ada direct dan sosial.
o Google Search
Cara pengunjung yang datang dengan cara mengetikkan alamat laman di bagian searching bar Google.
o Referring Links from other websites
Cara pengunjung yang datang dengan cara alamat laman dikaitkan di laman orang lain, atau referral link.
o Social Media
Menunjukkan berapa banyak para pengunjung datangk ke situs melalui media sosial beserta waktu lama kunjungan mereka di laman.  Juga menunjukkan melalui media apa mereka datang. 

Dari penjelasan singkat di atas dapat disimpulkan tentang pentingnya Google Search Console, antara lain :

 Dapat membantu menemukan keyword populer untuk bisa dikembangbiakkan menjadi sebuah content. 
 Dapat mengetahui asal kedatangan para pengunjung dan kisaran berapa lama mereka berkunjung di blog. Bahkan mampu mengidentifikasi perangkat pengunjung dalam memasuki laman kita. Pun dengan lokasi tempat para pengunjung mengakses situs.
 Dapat mengetahui content yang paling populer berdasar viewers
 Dapat mengetahui sumbangsih dari backlink website lain ke website kita beserta anchor text yang sering dipakai.
 Dapat mendeteksi link yang eror sehingga mengurangi terjadinya broken link atau eror yang tentunya akan menurunkan performa blog.
 Dapat meminimalisir adanya masalah keamaan website seperti hack atau pencurian data atau lainnya. Akan ada pemberitahuan jika terdeteksi ada masalah terkait.
 Dapat menambahkan sitemap untuk mempermudah Google dalam melakukan crawl website terkait.

Berdasar uraian di atas, jadi tercerahkan untuk tahu betapa pentingnya Google Search Console kan? Jadi lebih semangat Ngeblognya deh ditambah habis  pasang TLD juga. Awkey  pasang Google Search Console yuk :D! 

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Search_Console
https://buattokoonline.id/10-fungsi-google-search-console-untuk-mengoptimasi-seo/
https://www.canva.com/
https://www.blogspedia.my.id/2020/07/google-search-console.html


Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

12 comments

  1. Wah penjelasan fitur dan manfaatnya lengkap banget nih mba ;) aku kadang suka lupa fitur ini itu gimana bacanya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mom, sama, kadang lupa fungsinya juga wkwk.. terima kasih sudah mampir Mom Widya :D

      Delete
  2. Lebih tercerahkan nih mba tentang fungsinya dari GSC ini setelah baca artikelnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mom, :D, terima kasih sudah mampir Mom Fadmala :D

      Delete
  3. Jadi tahu apa aja fungsi fitur-fitur di GSC. Makasih mb ulasannya.. semoga selalu muncul di halaman depan pencarian yak! Semangat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin :D, ehe terima kasih sudah berkunjung Mom Sendy :D Semangat juga yak :D

      Delete
  4. Widiihh lengkap kap mbak.. Sampai menu 'message' juga dibahas, kereeenn dah!

    ReplyDelete
  5. Lengkap banget Mbak... jadi rujukan nih

    ReplyDelete
  6. Ww wow.. nambah ilmu lagi hehehe.
    Rasane tema kali ini berasa kulakan ilmu. Tadi d dr taura jadi ngeh dg GA -GSC skrg di sini dapat banyak istilah baru mantap mbak ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehe, saya juga kulakan ilmu di beberapa tempat setelah BW, Mom, hehe.. btw terima kasih sudah mapir Mom Hamim :D

      Delete

Post a Comment