Rekomendasi Anime dr. Ramune : Mysterious Disease Specialist

Post a Comment
Rekomendasi-Anime-dr-Ramune-Mysterious-Disease-Specialist


Aloha Sobat Sajian Kira, kali ini kami akan memberikan rekomendasi berjudul anime dr. Ramune : Mysterious Disease Specialist yang bisa ditonton sambil mengisi waktu luang karena genrenya yang ringan.

1. Identifikasi anime dr. Ramune : Mysterious Disease Specialist

Merupakan anime series yang ditulis dan dilustrasikan oleh Aho Toro. Kami tertarik mereviu dan merekomendasikan anime ini karena penuh akan sentilan mental illness yang dikemas dengan sederhana dan ringan.
Identitas anime :
o Genre : Fantasy Comedy
o Penulis : Aho Toro
o Publikasi : Penerbit Kodansha
o Tahun rilis
26 September 2017 – 26 Juli 2018 (via Majalah Kodansha’s Monthly  Sh┼Źnen Sirius)
Agustus 2018 – Februari 2021 (masuk ke aplikasi Magazine Pocket manga app)
10 Januari – 28 Maret 2021 (dibuat manga di bawah naungan Kodansha USA dan diadaptasi oleh Platinum Vision)
o Series : 5 volume untuk manga (komik) dan 12 episode untuk anime (kartun)
o Karakter :
Ramune = dokter specialist penyakit keganjilan
Kuro = asisten/murid dokter Ramune
Ayame = nenek dari bangsa sihir
Nico = tetangga dokter Ramune yang bekerja sebagai pedagang alat-alat magic dan bekerja sama dengan Ayame
Momiji = guru dokter Ramune

2. Isi Anime

Di sini kami akan menceritakan resensi per episode, semacam spoiler ehe :D. Kami ambil animenya via Youtibe yak, jadi bisa dicari di youtube dengan mudah :D.

a. Episode 1 – Condiment Tears

Dalam episode pertama ini, penonton langsung disajikan dengan inti anime, yakni dokter yang mengobati sakit akibat keganjilan. 

Di episode pertama ini, diceritakan ada seorang anak kecil yang setiap kali menangis menghasil bumbu-bumbu dari matanya. Jadi, yang seharusnya air mata keluar berwarna bening, tapi ini berwarna merah dan rasanya mirip sauce tomat. Ada lagi di sebuah sesi wawancara yang membuat si gadis yang berprofesi sebagai artis cilik ini, air matanya keluar berupa mayonaise. Terkadang air matanya keluar berupa kecap. 

Usut punya usut, masalahnya ada di luka batinnya, di alam bawah sadar si gadis kecil ini. Si ibunya yang sebagai manajer sekaligus, berperilaku semena-mena pada si gadis kecil. Dokter Ramune tidak tinggal diam dan mencari cara membantu, salah satunya dengan memberikan alat ajaibnya. Singkat cerita sembuhlah penyakit si gadis kecil ini dan bisa kembali menjalani hidup setelah membebaskan belenggu di benaknya. Namun, harga yang harus dibayar adalah keluarganya menjadi kalangan biasa dan memulai semuanya menjadi nol.

b. Episode 2 – The Chikuwa Penis

Dalam episode kedua ini kami agak terkejut karena langsung mengusung tema sex. Namun, si penulis dan ilustratornya ternyata ingin menyuguhkan tentang bahaya dan dampak free sex bagi kalangan remaja. Ya, anime ini ditonton oleh rentang usia 12-18 tahun, rata-rata . Hal ini berdasar data statistik yang dilakukan di Jepang. Jangan kaget ya :D!

c. Episode 3 – Mysterious Item Shop Akatsuki

Di episode ketiga ini baru muncul sosok Ayame dan Nico yang akan menemani perjalanan petualangan dokter Ramune bersama Kuro, murid sekaligus pasien pribadinya.
Toko Akatsuki ini merupakan toko antik yang menjual barang-barang magis dan dimiliki oleh Nico beserta nenek Ayame yang menjalin kerja sama.

d. Episode 4 – Chilli Pepper Fingertips

Episode yang menceritakan tentang kisah persahabatan. Si penderita mengalami  gangguan hal ganjil yang disebabbkan oleh kecerdasannya. Hal-hal ganjil dengan kekuatan magis itu tertarik untuk hinggap dan merubah bagian kuku penderita menjadi bentuk cabai merah. Kuku aneh ini tidak mau lepas sejak si penderita menahan diri untuk mengaku menang bersaing dengan sahabatnya. Sebuah kisah persahabatan yang menurut kami sangat menyentuh dengan dialog-dialog ringan dan mengena saat di usia remaja.

e. Episode 5 & 6 – Pot Sticker Ears (bagian 1 dan 2)

Di episode kali ini menceritakan seorang ibu yang mengalami penyakit misterius. Tumbuh sepasang dumpling di kedua telinganya akibat tak ingin mendengar hal-hal  buruk yang baru saja menimpa keluarganya. 

Kenyataan yang harus diterima ibunya adalah anak pertamanya mati terbunuh. Ada potongan tangan dikirim ke rumah si ibu yang mengakibatkan kehebohan rumah dan sekitarnya. Karena ia tak ingin mendengar penjelasan apa pun termasuk dari anaknya yang paling kecil, ia menjadi sedikit tidak waras dan budeg. Lubang telingannya ditutupi oleh dumpling yang terus membesar.

f. Episode 7 & 8 – Popcorn Head (bagian 1 dan 2)

Di episode ini menceritakan tentang kepala seorang anak yang mampu mengeluarkan popcorn-popcorn. Si anak yang menderita ini merasa tertekan karena orang tuanya tidak menyetujui bakat seninya yang surealis. Orang tuanya terutama ayahnya sangat menuntut banyak di kehidupa SMP si anak sehingga berakhir dengan stress dan tertekan. Kepala si anak keluar popcorn dan depresi berat.

g. Episode  9 – Mysterious Labyrinth

Ini berisi episode tentang asal-usul  adanya dokter Ramune dan kehadiran gurunya yang bernama Momoji . Mereka berlima mendapat undangan untuk memecahkan teka-teki demi mengambil barang magis yang langka.

h. Episode 10 & 11 – Toru’s Deeply Mysterious Story (Bagian 1 dan 2)

Toru atau nama lain dari si Kuro, murid sekaligus pasien pribadi dokter Ramune ini ternyata juga mengidap penyakit serius. Ia akan memuntahkan pasir yang jumlahnya banyak saat ia merasa tertekan dengan hal-hal ganjil yang bisa ia lihat. Rupanya hal-hal ganjil hanya segelintir orang yang mampu melihatnya.

i. Episode 12 – dr. Ramune-Mysterious Disease Spceialist

Di episode terakhir ini (tak terasa tahu-tahu berakhir animenya  ) menjelaskan tentang dokter Ramune itu siapa dan mengapa melakukan hal-hal tersebut, membantu orang-orang yang sakit. Meski Momoji sempat menekannya dengan beragam kata-kata yang menusuk benak, dokter Ramune tetap berjalan setelah dikuatkan oleh para pasiennya yang sembuh, termasuk Kuro.


3. Penutup – Point of Value

Film fantasi dan komedi ini memang unik, setiap episode di dalamnya berisi sakit yang disebabkan hal ganjil dan pasti berakhir dengan menghasilkan makanan. Meski pada akhirnya bisa sembuh seperti semula, tapi ada harga yang harus dibayar untuk kesembuhannya.

Penyakit keganjilan yang menjadi garis merah dalam cerita ini selalu berasal dari himpitan yang ada di alam bawah sadar. Semacam penyakit mental yang gejala dan hasil penyakitnya muncul di permukaan.

Sebuah anime yang menurut kami penuh dengan imajinasi liar tapi sesuai dengan kehidupan kita sehari-hari. Seperti pada episode seorang ibu yang tidak mau mengakui kematian anaknya sehingga membebani tubuhnya untuk mencerna hal-hal yang baik dan yang ingin ia dengar. Padahal di antara hal yang ia pikir buruk itu masih terdapat hal-hal lain yang bisa disaring informasinya.

Penyakit mental memang menjadi isu besar beberapa tahun belakang, dengan dimasukkan di dalam anime menjadi ‘jalan ninja’ tersendiri di mana banyak value langsung terlihat seketika. Value kejiwaan, kemanusiaan, kesosialan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Satu anime yang sanga kami rekomendasikan karena selain ringan juga penuh makna.

Selamat menyaksikan anime dr. Ramune : Mysterious Disease Specialist di channel youtube ya :D!

Eh, kok lama-lama ditonton, mirip cerita yang ada di Indonesia ya, yang berjudul “Kumpulan Kisah Azab” ehe.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Dr._Ramune:_Mysterious_Disease_Specialist


Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

Post a Comment