6 Cara Menunda Buang Air Besar

1 comment
6-Cara-Menunda-Buang-Air-Besar


Lagi mengikuti sebuah acara yang nggak mungkin ditinggal tapi perut terasa mulas ingin ke water closet? Atau sedang dalam perjalan jauh dengan kendaraan tertentu semacam pesawat dan perut terasa mulas ingin buang hajat besar?

Duh, pasti sulit banget. Kami bisa bayangkan karena kami sering melakukannya. Bukan tanpa sebab, tapi karena kami sering keluar rumah dengan jarang penduduk, bahkan pom bensin saja tidak melewati. Aha.

Nah, kami ada sedikit tips 6 cara menunda buang air besar yang mungkin cukup membantu di momen-momen tertentu atau di situasi genting yang membutuhkan untuk menunda buang air besar.

1.       Bersikap tenang, jangan panik.

Mengapa harus tenang dan dilarang keras untuk berekasi lebih semacam panik? Karena hal ini memliki kecenderungan untuk lebih menekan rasa mulas itu muncul. Atur napas serileksnya, jauhi kerumunan atau tempat-tempat yang membuat hectic yang mampu memicu peninkatan rasa panik. Jauhi pikiran untuk mengurus mulas di dalam perut. Hiraukan dan fokus pada hal lain sebagai pengalihan isu, pengalihan perhatian.

 

2.       Tegakan posisi duduk atau berdiri saja atau bisa juga berbaring

Posisi duduk yang tegak mampu mengurangi tekanan pada perut. Bisa juga dengan berdiri dan menahan otot pantat, seperti posisi mengampet. Atau bisa juga berbaring. Berjongkok tidak disarankan karena mampu menekan isi perut dan mempercepat arah feses keluar.

 
3.       Hindari makanan dan atau minuman pemincu

Makanan pemicu buang hajat besar seperti buah-buahan teruama pepaya karena akan semakin wooozzz feses keluar. Kopi dan susu juga menjadi pemicu bahkan combo dalam memperlancar buang air besar.

Bisa juga mengurangi serat dan bahkan makanan pedas yang suka bikin mules.

 

4.       Tunda mengisi perut

Menunda waktu sementara dalam mengisi perut seperi menunda untuk minum atau makan selama beberapa waktu ke depan. Perut yang penuh akan memperkeruh suasana penahanan buang air besar. Ehe.

 

5.       Menggerakkan anggota tubuh yang lain

Menggerakkan anggota tubuh yang lain ini bermaksud sebagai distraksi dari fokus mules. Semakin menghiraukannya maka akan semakin mudah untuk menahan.

 

6.       Ada mitos, genggam batu atau simpan batu di dalam kantong.

Pada dasarnya mitos ini dipergunakan untuk memperlambat bahkan melupakan sementara rasa buang air besar. Padahal kalau megang yang lain kayaknya lebih oke deh, macam pegang cuan gitu, ehe.

 

Pada dasarnya menahan buang air besar bahkan air kecil pun tidak dianjurkan, bisa berbahaya dan mengganggu kestabilan kesehatan tubuh. Ditakutkan malah menjadi penyakit dan merembet ke hal lain.  Masing-masing orang punya kadar sendiri dalam menahan hasrat buang air besar. Namun, alangkah baiknya jika sebelum menunda adalah mengeluarkan. Sebelum menahan rasa ingin buang air besar, hendaknya mengeluarkan dulu sebelum rasa itu muncul.

 

Jadi, tips 6 cara menunda buang air besar ini semoga cukup membantu dikala mendesak ya, ingat di kala mendesak saja. Jika tidak mendesak segeralah diungkapkan, eh disampaikan, eh dikeluarkan. :D


Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

1 comment

Post a Comment