Tapak Tilas Kolase Coffee

16 comments
Tapak-Tilas-Kolase-Coffee
Tapak Tilas Kolase Coffee


Kali ini Sajian Kira akan mengajak sahabat sekalian untuk tapak tilas Kolase Coffee. Suatu tempat bersejarah bagi Sajian Kira di mana ide untuk menjadi food enthusiast itu muncul.

Let’s jump to the story :D!

1.       Lokasi Tapak Tilas Kolase Coffee

Baiklah kali ini kita akan ke lokasi yang sudah tidak berdiri lagi. Ya meskipun bangunannya masih ada. Konten kali ini akan sedikit melow dari pada biasanya. Mengingat tempat ini bersejarah bagi saya karena dari sini lah saya memulai karir di food and beverage. Terima kasih Kolase Coffee :D.

Jadi dulunya beralamat di Jl. Seturan Raya No.415, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Jika searching di google maps ketemu kok, sayangnya ada tulisan tutup permanen. Ya.

Gedungnya dua lantai di daerah jajaran ruko Seturan. Tepatnya di sebelah timur Gedung Kampus UPN Yogyakarta. Kalau sekarang entah jadi apa.

 

2.       Apa sih Kolase Coffee itu?

Kolase Coffee merupakan salah satu tempat ngopi terenak pada zamannya, sekitar tahun 2015-an hingga 2017 kalau tidak salah. Tempat ini termasuk kategori Eatery bukan cafe. Menu di eatery biasanya berkonsep dengan sajian yang tidak penuh. Konsep eatery biasanya tentang fast casual dining. Lebih nyaman di banding cafe yang menunya sedikit, tapi juga mirip dengan bistro. Biasanya lokasi ini sering juga disebut restoran yang casual.

Pada zaman itu tempat ngopi belum sebanyak dan semenjamur sekarang.

 

Situasi-Kolase-Coffee
Situasi Kolase Coffee Saat Malam Hari


Suasana-Kolase-Coffee-Lantai-Satu
Suasana Kolase Coffee Lantai Satu

3.       Menu dan Harga Kolase Coffee

Menu makanan dan minumannya simple. Lebih banyak diversifikasi produk minumannya. Untuk menu makanannya biasanya adaptasi dari luar.

Untuk foto menunya tidak ada karena lupa ngefotoin waktu itu, ehe.

a. Menu Makanan 

Nama menu makanannya kurang lebih seperti berikut (tepatnya lupa nama menu lengkapnya)

1) Crumble Pie with Ice Cream Vanilla

Pie dengan filling fla dan nanas atau semacamnya yang cenderung kecut, asam, segar. Topping pienya berupa crumble coating sugar kayaknya karena rasanya manis.

Nah sentuhan akhirnya dengan ice cream vanilla dan strawberry slice.

Perpaduan rasanya manis, segar, asam, asin. 

Disajikan dalam keadaan dingin jauh lebih enak.

Enak sekali jika dimakan di saat siang hari bersama minuman manual brewing.

Untuk stok fotonya tidak ada . Menu ini cepat habis dan sekali stok biasanya langsung bye aja.


2)      Pizza Bread

Pizza-Bread-dan-Longan-Tea
Pizza Bread dan Longan Tea


Layaknya pizza tapi dengan adonan roti tawar. Isiannya dengan telur mata sapi, smoked beef, paprika merah, lalu ditutup dengan coating saus marinara dan keju mozarella. Lalu ditumpuk lagi dengan full of cheese cheddar.

Disajikan  dalam keadaan hangat keluar dari oven.

Sensasi pedas, asam, gurih dari saus marinara dengan paprika itu poin penting. Selain roti tawarnya sendiri yang sebagai penetral rasa.

Smoked beef sebagai isian yang berpadu dengan telur mata sapi dengan kematangan yang pas akan melted dengan keju.

3)      French Fries with Marinara Sauce Melted

Kentang goreng dengan ukuran straigh cut 3/8 yang digoreng dengan kematangan yang pas lalu diberi topping sauce marinara dan irisan keju mozarella. Dipanggang kurang dari 15 detik di oven dan hasilnya akan lebih dari sekedar gurih tapi juga pedas, asam.

Stok foto tidak tersedia karena salah satu menu laku. Jadi jarang diupdate dulu.

Pada dasarnya seperti french fries biasanya. Yang membedakan adalah sauce marinara otentiknya.

4)      French Toast Melted

French-Toast
French Toast


Roti tawar yang dipipihkan lalu diisi dengan beragam filling. Lalu digulung dan dibenamkan di dalam adonan telur yang sudah ditambahkan fresh milk plain dengan tambahan kayu manis. Digoreng di minyak sedang dan api yang tidak terlalu besar. Disajikan dengan taburan gula halus di atasnya serta sauce cokelat dan sauce strawberry di sebelahnya. Tak lupa irisan buah strawberry segar.

Filling bisa nutella almond, almond keju, keju susu, strawberry nutella, atau berdasarkan request customernya


b. Menu Minuman 

1)      Espresso Bassed

a)      Espresso Single/Double

Espresso merupakan minuman yang dihasilkan dari ekstraksi biji kopi melalui mesin kopi espresso. Perbedaan single dan double terletak pada gramasi serbuk kopi. Tentunya yang double lebih banyak serbuk kopinya dan diseduh menggunakan porta filter yang double.

Cita rasa espresso cenderung pekat dan kencang kafein. Sehingga biasanya orang-orang mencampurkan dengan bahan lain seperti susu.

Espresso disajikan dalam keadaan panas saja.

b)      Americano

Merupakan minuman yang berasal dari espresso yang dituang di dalam air putih panas atau dingin. Kebanyakan konsumen menyukai konsumsi americano ice, meski beberapa juga ada yang hot.

c)       Long Black

Tak jauh beda dengan americano. Sama-sama diberi tambahan air putih baik panas maupun dingin.

Nah yang membedakan adalah espresso dituang lebih dulu baru diiisi air putih entah dingin atau panas.

Rasanya nggak jauh beda karena nanti sama-sama diaduk antara kopi dan air putihnya, tapi menurut saya terasa lebih watery. Tapi balik lagi itu masalah selera.

d)      Picolo

Seperti cappucino tapi dalam kemasan yang lebih kecil lagi. Jadi, volume kopi lebih banyak daripada susu.

e)      Machiato Short/Long

Merupakan minuman yang berisi espresso dengan sedikit susu dan diberi toping foam susu. Perbedaan short dan long pada volume espressonya. Short machiato menggunakan single espresso sedangkan long machiato menggunakan double espresso.

f)       Afogatto

Merupaka espresso yang dituang di atas ice kream vanilla dan diberi topping sauce karamel atau remahan oreo. Biasanya dikonsumsi sebagai pencuci mulut.

g)      Cappucino

Merupakan perpaduan antara 1/3 espresso, 1/3 susu panas, dan 1/3 busa. Pernah dibahas di sini. Siakan mampir :D.

h)      Caffe Latte

Merupakan perpaduan antara 1/3 espresso, 2/3 susu panas, dan sedikit sisa foam untuk latte art/menggambar di atas permukaan krema kopi. Pernah juga dibahas di sini.

Caffee-Latte-Art
Caffee Latte Art


Caffee-Latte-Art
Caffee-Latte-Art


i)        Moccachino

Merupakan perpaduan antara cappuchino yang diberi tambahan bubuk cokelat.

Bubuk cokelat dilarutkan dulu dalam espresso baru dituang dengan susu panas. Disajikan dengan topping cokelat bubuk. Bisa disajikan panas atau dingin.

2)      Milk Based

a)      Chocolatte

Merupakan minuman yang menggunakan bubuk cokelat lalu dicampur dengan susu panas. Bisa disajikan panas atau dingin. Jika dingin tidak perlu dipanaskan susunya. Jika dikonsumsi panas bisa diberi latte art.

b)      Greentea Latte

Merupakan minuman yang menggunakan bubuk green tea yang dicampur dengan susu panas. Bisa disajikan panas atau dingin. Jika dingin tidak perlu dipanaskan susunya. Jika dikonsumsi panas bisa diberi latte art.

c)       Redvelvet Latte

Merupakan minuman yang menggunakan bubuk red velvet dicampur dengan susu panas. Bisa disajikan panas atau dingin. Jika dingin tidak perlu dipanaskan susunya. Red velvet berasal dari buah bit yang telah diproses menjadi serbuk. Jika dikonsumsi panas bisa diberi latte art.

d)      Taro Latte

Merupakan minuman yang menggunakan bubuk taro lalu dicampur dengan susu panas. Bisa disajikan panas atau dingin. Jika dingin tidak perlu dipanaskan susunya.

Taro berasal dari ubi ungu yang telah diproses menjadi serbuk. Jika dikonsumsi panas bisa diberi latte art.

3)      Manual Brewing

Cara lain mengonsumsi seduhan biji kopi selain dengan mesin adalah dengan alat manual brewing. Dari masing-masing metode akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Espresso dihasilkan dari houseblend bean atau biji kopi yang dipadukan antara kopi arabika dengan robusta. Biasanya rasio biji arabika lebih banyak daripada robusta. Hal ini dimaksudkan agar krema yang biasanya ada pada arabika, bisa lebih keluar. Serta rasanya  tidak sekencang dan sepahit robusta. Di robusta ada kremanya juga tapi tidak banyak dan tidak sekental yang arabika.

Pada manual brewing menggunakan speciality bean atau biji kopi tertentu. Karena tiap biji kopi dari beragam daerah mengandung cita rasa sendiri. Bahkan ada yang rasanya buah-buahan. Hasil akhirnya kopi terasa lebih light atau ringan.

Pada bagian ini saya tidak bisa menceritakan detailnya karena terlalu panjang. Jadi, hanya berupa foto yang tertangkap kamera saya ya.

a)      V60

Manual-Brewing-V60
Manual-Brewing-V60


b)      Vietnam Drip

c)       French Press

d)      Chemex

Manual-Brewing-Chemex
Manual Brewing Chemex


e)      Syphoon

f)       Cold Brew

g)      Roxpresso

 

4)      Coffee Arround The World

Di Kolase Coffee juga menghadirkan menu minuman dari belahan negara lain.

a)      Ca Phe Sua Da

Menggunakan metode manual briewing yang vietnam drip.

Isinya adalah susu kental manis yang dituang seduhan atau tetesan dari biji kopi.

Hasil akhirnya mirip dengan kopi susu tapi rasa kopinya lebih pekat.

Asal minuman ini dari Vietnam.

b)      Eiskaffee

Asal minuman ini dari Jerman.

Isinya espreeso, ice cream vanilla, whipping cream. Disatukan lalu diberi topping whipping cream dan crumble cokelat.

c)       Irish Coffee

Asal minuman ini dari Irlandia ini seharusnya menggunakan whiskey. Namun, karena dilarang maka menggunakan perasa caremel dan irish syrup.

Isinya espresso yang diberi bubuk brown sugar lalu diberi syrup perasa tadi dan ditutup whipping cream

d)      Yuanyang

Asal minuman ini dari Hongkong merupakan perpaduan antara susu, kopi, dan teh.

Rasanya seperti thai tea yang ada kopinya.

 

Foto-Kopi
Foto Kopi

Ya itu sedikit tapak tilas Kolase Coffee yang memberikan ilmu perkopian bagi saya pribadi. Semoga masih ada rezeki bisa bertemu dengan para ex-crew setidaknya untuk saling berbagi kenangan.

Oh iya, untuk harga tidak bisa saya cantumkan karena jujur saya lupa harga L. Yang jelas di masa itu masih banyak mahasiswa bisa nongkrong fancy di tempat dengan harga middle ke bawah.

Foto-Kopi-Perpisahan
Foto Kopi Perpisahan


 

Sumber gambar :

Stok foto pribadi

https://www.canva.com

 

 


Note : Terima kasih telah menyempatkan membaca hingga akhir. Silakan jika ingin membagi isinya dan mohon disertakan sumbernya.
Sajian Kira
Ashry Kartika | Penulis Lepas di beragam proyek

Related Posts

16 comments

  1. Jadi penasaran sm crumble pie nya nih, sensasinya pasti seru. Menu favorit ya mb??
    Semoga next time kolase coffe bisa hadir lagi ya, mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya menu favorite pada jamannya Mom :D
      Iya mom aamiin :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Sendy :D

      Delete
  2. Kalau lihat menunya ini sudah menu kekinian banget, pasti kalau masih ada akan banyak diserbu kalangan muda nih. Tahun segitu udah menyediakan menu-menu spt ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak, betul, ramai pada jamannya,sayangnya karena satu dan lain hal mungkin jadi tutup permanen,:'(
      btw terima kasih sudah mampir Pak Sugianto :D

      Delete
  3. Wah, cafe nya cozzy banget ya kelihatannya..
    Cocok banget buat nongkrong deh ni kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom betul banget, kebanyakan mahasiswa yg lagi nugas yg pada nongkrong wkw.. karena adem, wifi kenceng, harga kantong pelajar, dah kek idaman :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Fadmala :D

      Delete
  4. Coffeshop tuh jdi tempat nongkrong favorit para milenial bgt gitu ya Mba, jdinya skrg makin menjamur dimana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap bu, di sisi lain pihak coffee shop juga berlomba-lomba buat upgrade interior dan eskterior mereka. Cuma kalo pas sikon gini terasa sekali sepi padahal tempatnya cozy :')
      btw terima kasih sudah mampir Mom Iva :D

      Delete
  5. Sayangnya udah tutup ya, sebagai pecinta machiato dan latte hanya bisa menelan ludah. Duh ngileerrr... Cuss bikin kak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuylah Mom Yunita, kita eksekusi recipe nya wkwk..
      btw terima kasih sudah mampir, Mom Yunita :D

      Delete
  6. Duh... pasti sesuatu banget pas menuangkan cerita yang pernah jadi kenangan. menyentuh dan menggoda selera. jadi kepengen, sayang sudah tutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih bun :') jadi melow-melow gimana gitu pas bikin draft..
      btw terima kasih sudah mampir Bunda Dina :D

      Delete
  7. Pengen nyobain Irish Coffee viar berasa di Irlandia trs ketemu westlife gitu heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dirasa-rasa tuh Irish coffee kayak kopi yang manis gula aren terus ada sedikit sensasi mint harum dari syrup irish pengganti whiskey, kalo whiskey beneran ga berani Mom :D
      btw terima kasih sudah mampir Mom Palupi :D

      Delete
  8. wah french toast nya asik bnget kekny buat temen kopi, tempatny jg enak, apal bener sm menunya smpai detail mba bneran kenangan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom Mya :D mudah juga buatnya :D
      saya tuh dulu kerja di sini sekitar setengah tahunan lebih :D hehe jadi hapal, cuma nggak hapal harganya hehe..
      btw terima kasih sudah mampir Mom Myaa :D

      Delete

Post a Comment